Support dan tanya jawab
Anda ada pertanyaan mengenai e-SPT ? mari kita cari solusi bersama. ketikkan masalah yang anda hadapi untuk kita selesaikan bersama
Tutorial Singkat dan Solusi Permasalah eFaktur dan eSPT
Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih
Kalau install aplikasi E-SPT PPN 1111 versi 1.5 untuk versi linux gimana ya?
BalasHapushendr4k@gmail.com
sejauh ini e-spt dikembangkan hanya untuk OS windows,jadi MAC dan Linux belum disupport
Hapuspertanyaan yang sama, mohon penjelasan bagaimana install espt untuk linux, saya pakai ubuntu.
BalasHapusformat eSPT eSPT PPh 23 apa?
BalasHapusSaya melakukan pembetulan untuk faktur pajak keluaran bulan des 2013, pembetulan saya lakukan pada bulan agustus 2014, namun ternyata jatah nomor seri faktur pajak untuk tahun 2013 telah habis, sedangkan faktur pajak yang dikeluarkan pada bulan des 2013 tsb nomor serinya salah/dobel dengan nomor seri sebelumnya sehingga harus saya perbaiki,bagaimana solusi untuk pembetulan faktur pajak keluaran saya bulan des 2013 tsb, karena KPP tidak dapat lagi mengeluarkan jatah untuk nomor seri faktur pajak yang telah habis tahun 2013 pada tahun 2014 ini, terima kasih.
BalasHapusPak Mau nanya, Apakah dalam satu komputer dapat digunakan untuk aplikasi e-Faktur beberapa Pengusaha Kena Pajak? Caranya bagaimana?
BalasHapusBisa. silahkan coba cara brikut http://www.efakturpajak.com/2015/07/membuat-beberapa-aplikasi-efaktur-dalam.html
HapusPak, saya mau tanya perihal pembatalan faktur pajak.
BalasHapusKasusnya adalah :
Pihak A (penjual) mengeluarkan FPK yang sudah diapprove ke Pihak B (pembeli).
Ketika pihak B menerima FPK tersebut, dinyatakan bahwa terjadi kesalahan pada FPK tersebut, sehingga meminta pihak A untuk membatalkan FPK yang diterima. (status: pihak B belum upload FPK yang diterima dari pihak A).
Kemudian, pihak A membatalkan FPK tersebut, dan mengeluarkan FPK dengan nomor seri baru. Yang jadi pertanyaan saya, apakah pihak B cukup meng-upload FPM dengan nomor seri baru ataukah harus upload FPM lama dan melakukan pembatalan terlebih dahulu, baru upload FPM baru ya Pak?
Terimakasih atas bantuannya
Tidak usah diinput tidak apa apa. Selama fp normal yang dibatalkan belum diinput dan diapprove anda tidak perlu input fp yang nantinya pasti akan dibatalkan
HapusAnda bisa langsung input fpm baru tanpa input fpm lama
Hapusterimakasih banyak atas balasannya Pak. sangat membantu sekali.
HapusSore Pak, saya ada email ke Bpk menanyakan tentang masalah saya dan saya sudah jelaskan di dalam email saya.
BalasHapussaya mohon bantuannya ya, thanks.
Stevanny
Selamat pagi..
BalasHapusBagaimana cara nol kan DPP dan PPN Faktur Pajak batal yang statusnya sudah approval sukses,karena pada saat posting SPT Masa menjadi nominal untuk kurang bayar
Mohon solusinya..
Selamat pagi..
BalasHapusBagaimana cara nol kan DPP dan PPN Faktur Pajak batal keluaran yang statusnya sudah approval sukses,karena pada saat posting SPT Masa menjadi nominal untuk kurang bayar
Mohon solusinya..
Dpp ppn fp keluaran yang dibatalkan memang tidak menjadi 0 di efaktur, namun dpp tersebut tidak akan terhitung di spt.
HapusCova cek ulang apakah faktur yang dibatalkan tersebut sudah approval sukses? Jika sudah silahkan hapus spt, dan posting ulang
Semoga berhasil
Pak, saya mau tanya,
Hapuskalau saya sudah meng input dan mengupload pajak masukan (pajak pengganti) tetapi salah input nilai DPPnya bagaimana solusinya ya pak?
trims atas jawabannya
Mohon bantuannya untuk update efaktur yang 432 itu kenapa koq tidak bisa membuat faktur pajak pengganti atas faktur pajak keluaran. thx
BalasHapusSeharusnya bisa , mungkin bisa lebih diperjelas,keterangan atau kode errornya bagaimana?
HapusMohon bantuannya,
BalasHapusApabila dilakukan pembuatan faktur pajak pengganti pada bulan yang berbeda dengan tanggal invoice diterbitkan, masa pajak yang digunakan mengikuti bulan yang mana? thanks
FP pengganti masa pajaknya akan selalu sama dengan FP normalnya saudara, jadi akan sama dengan masa FP normal (invoice pertama) diterbitkan
Hapuslalu bagaimana dengan spt nya, jika faktur pajak keluaran (normal) di buka pada bulan 9, lalu kita terbitkan faktur pajak pengganti di bulan 10 dengan masa 9
Hapusitu solusinya bagaimana?
thanks
Mohon bantuanya,
BalasHapusJika status upload faktur keluaran REJECT dan terdapat keterangan ETAXSERVICE-20001: Nomor faktur tidak ditemukan, itu penyebabnya apa? Mohon pencerahannya, thanks
Ternyata setelah saya telpon ke KRING PAJAK, reject yang terjadi dikarenakan error pada pusat. Sehingga diperbaiki dari server sana. Setelah menunggu sekitar 1 jam, faktur tersebut dapat dibuat penggantinya. :)
HapusSiip :)
HapusMohon bantuannya,
BalasHapusSaya entry pajak masukan dengan no FP 011...(ini sesuai dengan FP dr penjual) karena ditolak saya ganti dengan no FP 010... diterima, tetapi saya salah memasukan tanggal FP yang sebenarnya 6/10/2015 jadi 10/9/2015. Saya tidak menyadari kesalahan, dan berhasil saya upload..sukses approve. Tetapi setelah saya buat SPT ternyata ppn yang tercetak otomatis bukan 10% melainkan 100%, Jadi angka kurang bayar jadi berbeda. Bagaimana caranya membatalkan pajak masukan tersebut pak? karena dari pihak penjual mengaku telah membatalkan FP tersebut dan mengeluarkan FP baru.
Terimakasih sebelumnya.
seharusnya anda juga minta FP normalnya terlebih dahulu saudara, Angka PPN yang muncul kemungkinan adalah Angka PPN yang diterbitkan Lawan transaksi pada FP Normal
Hapussekarang anda tinggal masukkan FP pengganti no 011 tsb lalu upload ulang
eFaktur akan menghitung angka FP pengganti no 011 dan mengabaikan FP no 010
Ini konfigurasi komputer lama windows 7 ultimate 32 bit.
BalasHapusini direktory program "C:\Program Files\EFaktur_Windows_32bit"
saya mau pindah ke komputer lain windows xp 32bit
setelah di copy, "Error Database tidak dapat diakses,pastikan Aplikasi efaktur tidak berjalan"
Error ETAX-10001
Mohon pencerahannya.
Terima Kasih
seharusnya tidak masalah pak. coba anda pindah ke drive D:\EFaktur_Windows_32bit
HapusADMIN, mohon bantuan...saya mau buat efaktur, langkah-langkahnya sudah sampai siap aprove, tetapi mau diupload, saya diminta masukkan sertifikat user, sudah saya coba, gak sukses juga..bagaimana admin? trims..
HapusSelamat Pagi, sharing yang bermanfaat sekali , awal efaktur banyak sekali terjadi kesalahan dan pengertian, dan dikarenakan adanya kesalahan penulisan alamat lawan transaksi minta FP di rubah dan di karenakan kurangnya pengetahuan orang kuanganku klik Faktur Batal. Atas hal ini seperti di bilang di atas Faktu Batal itu harus ada di dukung dokumen dari lawan yang menyatakan pembatalan penjualan, atas hal ini bagaimana ? mohon sarannya. Terimakasih Dewi
BalasHapusSebenarnya pembatalan dilakukan karena Transakasi batal, maka harus didukung data dari LT kalau Transasksi batal,
Hapusnamun dalam kasus ini FP Batal karena kesalahan petugas , maka setelah saya konsul ke KPP katanya cukup dengan buat BA yang menyatakan FP batal karena kesalahan Administrasi bukan karena transaksi batal, sehingga tidak perlu dolumen dari Lawan Transaksi
Terus langkah selanjutnya bagaimana jika FP yang sudah batal dan sudah dibuatkan BA, Kita membuat FP baru untuk mengulang pelaporan yang sudah di batalkan?
Hapustolong arahannya mengenai status reject, keterangan mengatakan tgl faktur lebih kecil dari tgl no.seri faktur.
BalasHapuspada kasus saya pelaporan pajak dilapor setelah bulan berjalan,misal transaksi bulan 10 saya lapor pada bulan 11, yang dimana no.seri faktur saya telah habis pada bulan 10 untuk pelaporan bulan 9 sehingga permintaan NSFP diajukan padan bulan 11
sore pak adi, saya mau tanya
BalasHapussaya sebagai penerbit faktur pajak keluaran, apakah misalkan saya terbitkan faktur pajak bulan november harus selesai terinput pada bulan yang sama? apakah tidak boleh saya input faktur pajak keluaran bulan november pada bulan desember?
mohon penjelasannya pak, tq
Tentu saja boleh anda boleh input FP november di pada saat bulan Desember, dengan catatan NSFP tidak boleh tanggal mundur. Misal NSFP yang anda minta bulan desember tidak boleh digunakan untuk transaksi bulan november
HapusMohon bantuan info/solusinya atas kasus tidak bisa cetak PDF/CSV SPT 1111 karena efaktur diterbitkan dgn termin pembayaran 30 hari (lewat bulan berjalan pelaporan).
BalasHapusAwalnya sampai Okt 2015 SPT PPN NIHIL krn blm ada operasi. Akhir bulan Nov 2015 terbit efaktur pertama, sudah diupload sukses, dicetak, dan diserahkan kpd klien utk pembayaran dgn termin 30 hari (jatuh tempo akhir Des 2015). Permasalahnnya saya tdk bisa keluarkan PDF/CSV Nov 2015 utk dilaporkan, muncul error "ETAX-20044: SPT Kurang Bayar. Kurang bayar PPN Dalam Negeri". Tidak bisa keluarkan SSP dan setor ke bank karena pembayaran baru akan dilakukan bulan Des 2015. Saat ini situasi tidak mungkin utk melakukan "talangan" pajak (bayar di depan). Jadi utk pelaporan SPT PPN Nov 2015 (yg seharusnya masih NIHIL) harus bagaimana?
Saat teruatng PPN adalah saat penyerahan barang/jasa. seharusnya saat ini PPN tsb sudah terutang
HapusJika saudara ingin membuat SPT nihil dahulu, anda bisa membuat database baru dari menu File --> Administrasi DB. Lalu anda konek ke DB tsb , lalu buat SPT nihil, lalau laporkan. Selanjutnya anda bisa membuat SPT pembetulan di database utama setelah pembayaran diterima
Pada saat melakukan pembetulan bagaimana cara menginput SSPnya..
HapusPak, saya mau bertanya. Faktur pajak keluaran saya sudah siap approve, masalahnya saya salah memasukkan masa bulan yg seharusnya bulan 11 tapi saya masukkan bulan 12. Saya harus bagaimana untuk permasalahan tesebut?
BalasHapuskomputer kami rusak dan diinstall ulang karena data tidak dibackup ada beberapa faktur hilang, setelah kami buat dan akan diupload ternyata ada bacaan etaxservice 2008: faktur sudah digunakan, bagaimana solusinya agar bisa diuload kembali, trim atas bantuannya
BalasHapusSilahkan ajuakan permintaan data ke KPP dan Impor ulang data FP tersebut
HapusAkhir Novvember file e-faktur saya back up. Pada awal bulan Desember saya input 2 nomor faktur dan telah upload, berhasil. Tetapi pada pertengahan Desember flash disk e tax saya rusak, file tidak terbaca. Akhirnya saya gunakan file e-faktur back up dan input ulang kedua faktur yang saya input di awal Desember. Tetapi saat saya upload, oleh e-tax direject karena nomor faktur telah ada. Saat saya mau membuat SPT, kedua faktur tersebut tidak ada dalam record saya. Bagaimana mengatasi ini ?
BalasHapusAkhir Novvember file e-faktur saya back up. Pada awal bulan Desember saya input 2 nomor faktur dan telah upload, berhasil. Tetapi pada pertengahan Desember flash disk e tax saya rusak, file tidak terbaca. Akhirnya saya gunakan file e-faktur back up dan input ulang kedua faktur yang saya input di awal Desember. Tetapi saat saya upload, oleh e-tax direject karena nomor faktur telah ada. Saat saya mau membuat SPT, kedua faktur tersebut tidak ada dalam record saya. Bagaimana mengatasi ini ?
BalasHapusAtas faktur yang sudah direkam tidak bisa direkam lagi meskipun beda DB, untuk masalah ini silahkan ajukan permintaan data Faktur ke KPP terdaftar
HapusTerima kasih
HapusSelamat siang... Maaf, mo nanya soal e-faktur tentang masa pelaporan spt PPN. Yg saya tau, pelaporan itu max 3 bulan dari faktur pajak masukan dibuat ya?
BalasHapusYang kedua, misal FPM Des 2015, hrsnya dilaporkan di Jan 2016, kalo mau saya laporkan (kreditkan) di Feb 2016, caranya bagaimana di e-faktur nya?
Terima kasih sebelmnya.
masa pelaporan PK adalah masa berikutnya dari masa FP diterbitkan, jadi transaksi PK Des 2015 paling lama harus dilaporkan Jan 2016
Hapusuntuk pengkreditan FPM ada pilihan masa saat anda input FPM di efaktur, silahkan sesuaikan saja, max 3 bulan setelahnya
jika FPM bulan November 2015 baru di terima Bulan Februari 2016, apakah masih bisa di lapor dibulan Februari???
HapusTrima Kasih, mohon jawabannya
mau tanya pak saya untuk pembuatan e-faktur sebelumnya saya menggunakan laptop dgn spesifikasi 32 bit akan tetapi laptop tersebut rusak saya mau pindahkan data saya ke laptop dengan spesifikasi 64 bit pertanyaan apakah data saya yang di laptop lama akan hilang atau tidak ? lalu solusi buat saya apa?
BalasHapusMalem pak mohon maaf, Bulan Desember kami sdh create dan approval FP keluaran di efaktur.. Untuk posting nihil bagaimana ya pak cara dan solusinya.. Terimakasih.. Salam..
BalasHapusSalam pak, saya ingin bertanya apakah nota retur yang dibuat oleh lawan transaksi bisa direvisi atau dibatalkan, karena mereka telah input dan telah di approve oleh djp.
BalasHapusselamat pagi,
BalasHapusmohon bantuannya untuk permasalahan saya ini :
saya ada fpm bulan des yang saya ingin kreditkan di bulan jan.
tetapi saya lupa merubah masa kreditnya, dan sudah diapprove.
saya sudah coba cara yang diberikan di web ini dengan mengganti database. tetapi setelah saya coba ternyata aplikasi efaktur tidak jalan karena aplikasi dan database beda versi. versi aplikasi : 1.0.0.45
versi database : 1.0.0.44
mohon bantuannya. terima kasih
Selamat malam.
BalasHapusSaya sudah meminta no seri faktur melalui e-nofa, tetapi ketika saya ingin membuat e-faktur dan menginput no seri dari e-nofa, kenapa ada tulisan "e-tax 20017: no faktur tidak termasuk dalam range referensi nomer faktur" mohon penjelasannya, padahal saya sudah masukin no faktur sesuai dengan yang di berikan e-nofa.
Selamat Siang
BalasHapusSaya meminta no Faktur pajak untuk tahun 2016, tetapi saya baru meminta no faktur pajak di awal bulan Februari 2016, padahal saya ingin membuat faktur pajak keluaran untuk bulan januari 2016...ada solusi tidak ya pak agar saya bisa membuat faktur pajak keluaran untuk bulan Januari sedangkan no Faktur nya baru di dapatkan Februari, atas balasannya saya ucapkan terimakasih
Waduh kenapa anda baru minta februari jika dibutuhkan untuk januari... Karena anda tidak bisa menggunakan nomor fp februari untuk januari. Saran saya konsultasi ke AR kpp saja.
Hapusjika FPM bulan November 2015 baru di terima Bulan Februari 2016, apakah masih bisa di lapor dibulan Februari???
BalasHapusTrima Kasih, mohon jawabannya
Seharusnya bisa. Pm bisa dikredikan maksimal 3 bulan setelah masa penerbitan.
Hapussaya mengikuti potingan "Membuat SPT Nihil pada eFaktur ketika Faktur Sudah diupload" lapor ke KPP pada tanggal 19 Februari 2016, pada tanggal 24 februari 2016 saya membut pembetulan dan melaporkan spt ppn yang sebenarnya tp di kpp laporan saya di tolak karena di kpp NIHIL, dan di formulir induk bagian II H tidak bisa di centang, saya konsultasi juga org pajak nggak bisa. saya harus bagai mana ?
BalasHapusKalau begitu silahkan expor data pk pm dan data lainnya dari Database utama. Impor ke Database yang anda gunakan untuk membuat spt Normal nya. Posting dan buat spt pembetulan ulang. Semoga berhasil
Hapusmaksudnya gimana yeah mas ADI
Hapussaya mau bertanya, Apakah bisa PK/PM masa februari di upload pada bulan maret? Dan apakah akibatnya? mohon dibantu untuk penjelasannya min :D
BalasHapusTolong beri saran, kita jual buku pelajaran dan dari bulan juli 2015 kita belum pernah input efaktur dikarenakan keterbatasan pengetahuan kita tentang efaktur. Apa yang harus kita lakukan ?
BalasHapusTerimakasih,...
Admin mohon bantuannya, kemarin sore ada update efaktur, tapi setelah selesai dijalankan ada error "The Main startup class is not valid, main method missing", sudah dicoba dijalankan di komputer lain juga sama, download dari awal di komputer yg lain lagi juga sama errornya.
BalasHapusmau tanya pak....saya menjalankan e faktur untuk 2 perusahaan dalam 1 komputer. biasanya normal2 saja. tp hari ini setelah download update sukses. saya bukan efaktur untuk salah satu perusahaan tidak bisa. ket.nya ETAX-10001. knp ya mas? klo efaktur untuk perusahaan yang satu nya bisa dibuka.
BalasHapusBisa tolong saya, sdh 4 hari tidak bisa upload dan error 10002 tidak dapat mengambil data, sdh ke AR KPP jg tdk bisa, alasan dari server pusat, padahal byk yg bisa jg. bagaimana solusi nya? trm ksh
BalasHapusSelamat siang pak.
BalasHapuspak saya ingin bertanya masalah faktur pajak masukkan dari sisi pembeli.
pada masa januari saya input pajak masukkan dengan kode 010 tgl 3 jan 2016 dan saya sudah laporkan ppn masa tersebut.
tetapi si penjual ternyata membuat faktur pajak pengganti 011 di tgl 3 jan 2016 namun telat mengirim ke saya sedangkan masa januari tersebut sudah saya laporkan.
apakah saya harus membuat pembetulan ppn masa januari pak?
(keadaan faktur pajak tidak di creditkan)
Selamat pagi pak,
BalasHapussaya ingin bertanya misalnya sekarang bulan april 2016, nah saya ingin melakukan pembetulan masa juli dan november 2015 karna ada Faktur Masukan yang tertinggal, maka apakah bisa dikompensasikan ke masa pajak Maret 2016?
Mohon bantuannya ya pak. Terimakasih
Maksimal pengkreditan PM adalah 3 bulan, masa juli maksimal bisa dikreditkan s.d. Okt 2015, sedangkan masa Nov 2015 bisa dikreditkan s.d. Feb 2016.
HapusSolusinya anda harus membuat SPT pembetulan juli dan nov 2015. karena tidak bisa dikreditkan di masa maret 2015
pak mau bertanya : saya sudah menginstal aplikasi espt untuk pribadi namun yg muncul hanya 1 menu tidak ada menu yg lain... kenapa ya pak ??
BalasHapusCoba install ulang aplikasinya Pak
HapusDear admin. Bagaimana Untuk solusi Pajak dengan Status "Reject", yang mana keterangan eror Adalah ETAXSERVICE-20008:No Faktur Sudah Di Gunakan? karna ada 11 Faktur kami yang statusnya Reject.
BalasHapusSolusinya silahkan minta data Ke KPP, hal tersebut disebabkan saat upload faktur berhasil masuk Server pajak, namun saat akan mengirimkan approval ke aplikasi Efaktur anda koneksi terputus sehingga data faktur anda belum approve namun data faktur sudah masuk server pajak
BalasHapusSalam Pak,
BalasHapusSaya sudah laporkan pajak masa bulan 2, tetapi ternyata ada Pajak Masukan lagi di bulan itu, apa yang harus saya lakukan ya pak?
mohon pencerahannya pak,
Asalamualaikum, permisi mau tanya.
BalasHapussaya kehabisan jatah NSFP di bulan januari 2016, karena saya telat lapor atas pelaporan PPN bulan november dan desember 2015 jadi saya baru meminta permhonan NSFP di bulan februari tanggal 10 2016, yg sya ingin tanyakan kenapa saya tidak bisa mnerbitkan FP untuk tanggal bulan januari, alhasil saya menerbitkan FP januari di bulan februari, dan FP februari menjadi ada 2 faktur, namun saya membayar tagihan PPN ke bank untuk masa bulan 1, sdangkan FP bulan 1 terbit di bulan 2.
apakah faktur nya harus di benarkan, atau pembayaran PPN januari yang harus di pindahkan menjadi februari, saya sangat keliru, mohon bantuannya
mohon infonya kalo error etax 10002 tejaddi bagaimana solusinyaUntuk import data PK.koneksi network kit tidak ada masalah
BalasHapusmohon infonya kalo error etax 10002 tejaddi bagaimana solusinyaUntuk import data PK.koneksi network kit tidak ada masalah
BalasHapussaya penerbit faktur pajak keluaran (kode 030) & invoice tsb bulan maret 2016, tiba2 dari pihak customer saya, minta diganti faktur tsb dengan bulan mei 2016 tp invoicenya tetap bulan maret. mohon sarannya. terima kasih
BalasHapussaya telah melaporkan spt ppn bulan maret dengan jumlah nihil,namun di bulan ini saya baru mendapatkan dokumen dari pembeli sehingga jumlah PPNnya tidak nihil lagi,bagaimana cara membetulkannya pada aplikasi e faktur?
BalasHapusmohon infonya,saya sudah buat pajak keluaran tapi tidak muncul di daftar,saya pikir belum tersimpan tapi ketika di rekam faktur lagi ternyata nomor serinya sudah ganti ke seri berikutnya...
BalasHapusAdmin Mohon batuanya, error "ETAX-20044: SPT Kurang Bayar. Kurang bayar PPN Dalam Negeri", dikarenakan masih kurang bayar apakah saya masih bisa Cetak File CSV ?
BalasHapusTerimakasih
selamat pagi
BalasHapussaya ingin bertanya seputar e faktur..
apakah memungkinkan saya melakukan upload faktur keluaran untuk 1 bulan ke depan pada bulan ini?
Contoh kasus:
saya ingin melakukan upload faktur keluaran untuk bulan juli pada bulan juni?
dimana saya telah mendapatkan NSFP untuk bulan juli..
terima kasih atas bantuannya
selamat siang... mohon bantuannya pak.. permasalahannya Begini..
BalasHapuspada bulan Maret 2016 saya membuat faktur pajak untuk jenis transaksi dengan nama barang BGHI0987. pada bulan maret 2016 tsb ada permintaan perubahan nama alamat pembeli, kemudian saya bikin FP. nah pada bulan april saya melaporkan PPN untuk masa Maret 2016.
pada bulan april pihak pembeli mengkonfirmasi kepda saya bahwa ada kesalahan dalam penamaan nama barangnya bukan BGHI0987 tetapi BGHI1987, dari pihak pembeli meminta saya untuk merubahnya.
pertanyaannya apa yang harus saya lakukan untuk kasus tersebut pak??
terima kasih
Siang, kami ada import beberapa barang yang dikeluarkan oleh agen jasa pengiriman UPS di jakarta yaitu PT.UPS Cardig. Di Invoice UPS Cardig kami ada detail BM, PPH, dan PPN. Sekarang kami akan input PPN Masukan di applikasi eFaktur, tolong infokan apa yang harus kami isi di Nomor PIB, tanggal SSP dan Masa Pajak ?
BalasHapusSore Admin,
BalasHapusSaya mau tanya untuk nomor efaktur pada super user dengan user biasa kenapa berbeda ya? Untuk di super user ada efaktur yang saya maksud anggaplah nomor 002, namun di user biasa saya tidak dapat melihat nomor 002 hanya nomor lain yang terlihat.
Mohon dibantu.
Terimakasih
Sore Admin
BalasHapusSalah memasukan masa Pajak Pajak Masukan yang seharusnya bulan juni malah di isi bulan April kira2 solusinya gmn ya.. Terimakasih.
Silakan baca artikel ini pak http://www.efakturpajak.com/2015/10/merubah-masa-pajak-faktur-pajak-masukan.html?m=1
Hapuspagi. mau tanya nih...sy tidak bisa buka SPT, keterangannya kesalahan gagal query SPT. solusinya gmn ya...tolong bantu ya...makasih banget.
BalasHapusEspt apa bu? Biasanya Gagal query disebabkan karena aplikasinya belum Update, apakah aplikasi esptnya sudah Update?
HapusMalem.. Saya abis riset client dan register ulang sudah dijalankan n sukses,, dikarenakan datanya hilang, sambil menunggu back data dari kpp,, bisakah sy menerbitkan efaktur dengsn nomor kelanjutannya,, mohon pencerahannya,,
BalasHapusTentu saja bisa pak masum, tidak masalah kok.
HapusTerima kasih atas pecerahannya,, timbul pertanyaan sy lagi,, apakah nomor lanjutan tersebut bisa diuplod dan jika back up data dari kpp sudah sy terima dan sukses diimport apakah efaktr nomor lanjutan tadi akan menyambung otomatis,,
HapusMasukkan dulu range no faktur nya di referensi , misalnya range 1-10,data yang hilang no 1-7.anda mulai dari 8. Tidak masalah pak. Ketika Anda impor no 1-7 akan masuk.
HapusMaaf pak mau tanya kami konsultan kontruksi yang translaksinya dengan bendahara bikin faktur pajak keluaran, masalahnya setelah faktur di preview kok yang tanda tangan nama perusahaannya bukan direkturnya, gimana solusinya
BalasHapusmaaf pak mau tanya, kami melakukan upload via e-filing untuk spt masa ppn 1111 badan bulan juli 2016 tapi waktu upload ada pesan kesalahan upload object:object, itu kenapa ya... sekedar info untuk spt masa ppn 1111 saya nihil. saya generate spt dari efaktur pajak v1.0.0.046. gimana ya solusinya
BalasHapusadmin mohon bantuannya... saya juga mengalami hal yang sama
Hapusmohon info ketika saya meminta NSFP kenapa keluarnya pasti problem loading page dgn alasan serificate cannot verified..(8443), tks. mohon pencerahan
BalasHapussilahkan baca solusinya di sini http://www.efakturpajak.com/2016/08/solusi-error-permintaan-nsf-e-nofa-your.html
Hapusmin, mau tanya, untuk permasalahan faktur pajak yang digunggung, apakah harus input di dalam aplikasi efaktur juga atau tidak? atau langsung masukan total dpp dan ppn di lampiran AB nya? terimakasih min.
BalasHapusSiang Pak,, efaktur yang telah di upload ke pdf masa tahun 2015 apa bisa saya upload lagi ke pdf,, sebagai file manual,, karena data yang lama hilang,,
BalasHapusTrim's
Kalau datanya hilang silahkan minta data ke KPP terrdaftar , silahkan baca http://www.efakturpajak.com/2015/09/data-efaktur-hilang-ini-prosedur.html
Hapussiang. saya mau nanya.
BalasHapussaya membeli barang+ppn bulan maret. tapi pihak penjual baru memberikan faktur pajaknya dibulan agustus ini. dengan kata lain, saya telah menerima FPM kadarluarsa(maret).
krn FPM ini tidak bisa saya krdit kan. pihak penjual, mau membuat faktur pajak pengganti dgn tgl dan bulan saat ini(agustus).
pertanyaan saya.
1. apakah FPM pengganti itu bisa saya kreditkan jadi masa sekarang?
2. sebelum FPM pengganti saya input dan aplod, FP yg kdrluarsa harus saya input dan aplod juga kan? dimasa apa saya harus menguplod? maret/agustus? terima kasih mohon penjelasannya.
1. Tidak bisa pak, FP maret maks dikredirkan sd juni tanpa melihat tanggal FP penggantinya
Hapus2. iya , anda bisa pilih masa upload maret-juni.
Sore, saya ingin bertanya apakah 1 orang pengusaha kena pajak dapat log in aplikasi e-faktur pada 2 laptop yang berbeda? Saya coba log in pada laptop kedua tidak bisa padahal captcha, password, pass phase, dll sudah benar. T'rima kasih banyak.
BalasHapusSiang pak, saya ada masalah dengan pengganti e faktur untuk SPTnya. SPT jun'16 sudah terlapor dan ternyata di bulan ini ada revisi, sudah saya input menjadi pengganti e faktur. namun saya ada salah untuk SPT jun'16 terhapus jadi pas saya posting SPT pembetulan ke-1 jun'16 di SPT induk nya tidak muncul NTPN sebelumnya dan selisih Lebih bayar ppn nya. Saya ada save data jun'16 dalam csv dan pdf, apakah data csv tsb bisa dicopy/pindahkan ke SPT etaxinvoice ? Terima kasih
BalasHapusselamat sore pak, saya ada masah dengan e- faktur mengenai pajak masukan. Sudah d upload tapi status reject....kenapa ya pak ? terima kasih...
BalasHapusselamat sore pak, saya mau menanyakan apabila saya menerbitkan faktur pajak keluaran untuk PT. B senilai 500.000 tgl 30 juni 2016 dan saya sudah bayar dan laporkan pajaknya, namun ternyata di bulan agustus ini diketahui bahwa nilai ppn seharusnya adalah 650.000, maka saya harus membuat faktur pajak pengganti dan melakukan pembetulan SPT PPN masa juni kan pak ? nah untuk itu prosesnya bagaimana ya pak, kan berarti saya kurang bayar di masa juni, nah kekurangannya itu bagaimana pak ?
BalasHapusTerimakasih
Selamat malam pak, saya mau tanya terkait pembuatan faktur pajak keluaran untuk wapu pak. Terdapat 3 tahap penagihan pak, saya sudah sampai tahap ke 2 yaitu termin 1 pak. Untuk cara pembuatannya bagaimana pak?
BalasHapusKarena saya sudah coba buat, tetapi nilai uang muka yg keluar setelah dipreview tidak sama dengan fp yg sudah saya buat sebelumnya.
Mohon penjelasannya pak, terima kasih
SAYA MAU TANYA , REGISTRASI APLIKASI BADAN TP KALAU EROR ETAX-4005 EROR DI SERVICE REGISTRASI NULL. SDH 2 MINGGU SY ULANG TERUS TETAP BEGITU??? SOLUSINYA BAGAIMANA Y?
BalasHapuskalau faktur pajak yang telah dilapor spt bulan Juli, apakah masih bisa di batalkan di bulan agustus??
BalasHapusselamat pagi pak, saya mempunyai kendala mengenai e faktur, kemarin saya pernah mengupload beberapa no faktur pajak kemudian aplikasi dan db nya terkena virus, alhasil saya menggunakan db backup yg di dalam nya belum terdapat no faktur yg sebelumya di upload, kemudian saya melanjutkan menggunakan db lama dengan kondisi no faktur uploader tidak lengkap, bagaimana cara saya menggabungkan db lama ke db baru sehingga pda db baru terdapat semua no faktur yg terupload. kepada admin mohon bantuannya, terima kasih.
BalasHapusSelamat malam pak, semalam begini saya sudah upload pajak keluaran dengan nomor seri yg ujungnya 27, padahal no faktor tersebut sudah digunakan dan sudah dilaporkan bulan kemarin dan seharusnya bulan ini memakai no seri yg ujungnya 28. Namun saya terlanjur upload dgn no seri yg yg ujungnya 27 dan statusnya "upload faktur sukses". Mohon bantuannya pak
BalasHapussaya ingin bertanya,, apakah bisa cek no seri faktur pajak yang sudah dilaporkan?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPagi pak,
BalasHapussaya mau bertanya, masalahnya seperti ini,
saya sudah setor ppn ke bank, dengan nilai, 29.067.500, tetapi saat saya ingin mengisi SSP nya di aplikasi e-faktur, ternyata nilainya berbeda, nilai yang tercantum di SSP 39.562.750, jadi saya kurang bayar pak, tapi saya belum terlanjur Buat SSP nya ,,
mohon bantuannya pak.
terima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuspak saya mau nanya, saya salah upload pajak masukan agustus ke masa september tapi belum saya posting.itu akan jadi masalah gk kalau saya upload ulang di efaktur (copy an sebelum pajak masukkan itu di upload )?
BalasHapusTidak papa, untuk PM bisa anda upload ulang. JIka anda punya backup database silahkan gunakan backup tersebut, anda input dan upload ulang tidak ada masalah karena PM hanya mengecek apakah FP keluaran tersebut bebar benar diterbitkan oleh LT
HapusSelamat siang mas
BalasHapussaya mau tanya, saya pernah dengar mas kalau PPn lebih bayar yang terjadi 5-6 Masa secara berturut-turut itu nantinya akan diperiksa oleh orang pajak. Nah yang terjadi dengan saya PPn lebih bayar 4 masa secara berturut-turut (Apr-Jul). Untuk masa Agustus ini saya belom lapor karena Lebih bayar bulan sebelumnya (Jul) jika dikompensasi ke masa agustus ini pasti lebih bayar lagi.
yang saya ingin tanyakan dari kasus diatas, bagaimana solusinya untuk pelaporan Masa Agustus nya? apakah bisa lebih bayar masa sebelumnya jika tidak dikompensasikan?
Mohon bantuannya
Terima kasih
Pak saya mau tanya,
BalasHapusini ada nota retur yang kami terima dari pembeli, dia terbit nota retur februari tahun 2015, sedangkan nota retur tersebut kami terima maret 2016, jadi kami tidak bisa laporkan pada tahun tersebut,
setelah saya minta revisi dari pihak pembeli mengenai perubahan tanggal nota retur, akan tetapi u/ nota retur yang diterbitkan mereka sudah terlapor dipajak pada tahun 2015 tersebut,
jadi solusinya bagaimana ya pak dari pihak kami agar nota retur tersebut kami bisa lapor, sedangkan pajak tahunan 2015 sudah tutup buku kan pak,
terima kasih
halo,, mau tanya, saya membuat FPK pengganti pada bulan yang sama, pada saat saya posting SPT-nya ternyata faktur pajak yang sudah diganti tetap ikut terposting, bagaimana yah solusinya apa faktur pajak yang diganti itu tetap dihitung ppn-nya?
BalasHapusterima kasih
faktur pajak normal nya tetap terposting, akan tetapi nilai DPP dan PPn nya berubah menjadi 0(nol). yang ada nilai nya ada pada faktur pajak pengganti nya.
Hapuspermisi pak, ingin tanya, saya upload file csv e.spt ppn & ppnbm bulan agustus 2016 nihil tanpa pembetulan, tetapi tidak terupload di sistem.. tetulis bahwa pembetulan belum ada di tbl spt.. itu kenapa ya pak? mohon solisinya
BalasHapusterima kasih
tidak ada pajak keluaran maupun masukan,apanya yg diupload? klo mmg tidak ada transaksi dan lapor nihil, tinggal posting masa pajaknya saja. trus buka spt yg diposting. Dan isi tanggal lapor dan isi lebih bayar bulan sebelumnya(apabila ada). tinggal buat pdf utk induk dan AB. Setelah itu buat file csv dan lapor.
Hapussorry, apakah atas masalah di atas, apakah sudah ada solusinya? soalnya saya ketemu masalah yg sama juga hehehe...
HapusPAk, bulan agustus 2016 saya menerbitkan faktur, ternyata pada bulan oktober 2016 saya mau menerbitkan faktur pengganti. lalu pada bulan agustus faktur yg normal saya ubah dengan masa oktober. hal ini bisa diubah. saat saya preview (belum saya upload) faktur pengganti sudah menjadi masa oktober, tapi di aplikasi e-faktur masa pajak masih bulan agustus.
BalasHapusmohon pencerahannya
Sebenarnya untuk pengganti FP keluaran, tetap masa nya sama yaitu bulan agt 16. Yg tgl okt 16 itu tgl kita buat pengganti. Sehingga setiap saya buat pengganti, saya ubah sama seperti tgl FP normal. Misalnya FP normal tgl 20 agt 16. Pada saat 10 okt 16, ada perubahan pd FP tsb. Maka kita buat pengganti yg otomatis muncul tgl 10 okt 16. Maka biasanya saya ubah ke tgl 20 agt 16 karena masanya tidak berubah yaitu tetap masa agt 16. bila ikut tanggal berjalan, kita yg bingung sendiri
HapusPak mau tanya ,
BalasHapus1. saat saya akan import faktur pajak keluaran ada yg sukses ( yg mempunyai NPWP ) dan ada yg gagal ( non npwp / 000000000000000 ) dengan keterangan "etax-20001 NPWP 000000000000000 tidak boleh direkam" . saya lihat di daftar referensi lawan transaksi tercantum NPWP 000000000000000 , ketika saya akan hapus tapi tidak bisa dgn keterangan "data yg akan di hapus dipakai sebagai referensi". lalu bagaimana cara menghapusnya ya ?
2. saya mencoba cara lain yaitu dengan menghapus baris LT yg ada di csv. semua berhasil di impor baik yg ada npwp maupun non npwp. tapi setelah saya buka daftar faktur pajak keluaran yg muncul tetap yg ada npwp yg non tidak muncul di daftar itu.mengapa ya ?
mohon bantuannya karena tidak bisa import maka saya harus rekam faktur sekitar 400 an setiap bulannya
terimakasih sebelumnya.
Selamat sore pak..
BalasHapusMohon bantuannya..
bln september lalu saya sudah melaporkan spt ppn dengan LB Rp. 44.000.000,- yang merupakan hasil dari perekaman pajak masukan dengan mencentang "dapat dikreditkan"..
namun, seharusnya ada 3 FP yang tidak dapat dikreditkan, jadi saya mengubah centangan utk 3 FP tersebut dan melakukan pembetulan SPT PPN utk masa ybs.
tetapi, setelah saya posting, SPT pembetulan saya malah berubah menjadi KB sebesar total PPN di FP yang saya ubah centangannya..
kira2 bagaimana solusinya ya pak?
Tks.
admin mau tanya kenapa pada saat mau buat file spt (cvs) eror muncul keterangan "kurang bayar PPN dalam negeri anda harus melakukan pembayaran dan kelengkapan data SSP terlebih dahulu" terima kasih
BalasHapusRekan sudah melakukan pembayaran atas kurang bayar nya? bila sudah, kan ada nomor NTPN nya 16 digit. rekan rekam dulu 16 digit tsb, tgl bayar dan nilai yg disetor (nilai harus sesuai dgn kurang bayar pada efaktur). Karena rekan blm isi, maka rekan dianggang blm melakukan pembayaran.
HapusMohon pencerahannya, saya sudah lapor spt ppn juli, nihil. Penjualan sudah ada, namun krn blm bisa minta no seri jadi blm buat faktur pajak. Sekarang no seri sudah ada dan tgl terima no seri 27 okt. Bisa tdk di input di juli untuk pembetulan? Atau harus di oktober? Note: penjualan ini terjadi di juli.
BalasHapusFaktur pajak harus di oktober dan tidak di bawah tgl 27 okt 2016. Bila pembetulan di juli, maka rekan bakal kena surat yg isinya tanggal FP mendahului tgl jatah NSFP
HapusDear Admin
BalasHapusmohon bantuannya cara mengubah kode e faktur dari 010 ke 030
terimakasih
Apakah bisa input pk dan pm di laptop yang berbeda?biasanya laptop pk input dulu setelah itu data base dikirim ke laptop pm dan baru di input. apakah dalam pengerjaan selanjutnya tidak perlu update db seperti step diatas?
BalasHapuspermisi pak..
BalasHapussaya mau bertanya..
kantor saya baru mulai menggunakan e-faktur pajak..
kemarin saya baru meminta penrbitan NSFP secara online..
sedangkan bukti-bukti pajak yang ada di kantor semua diterbitkan pada september, oktober sebelumnya yang baru diterima bulan ini..
pertanyaannya, bisakah NSFP yg baru kami terima dipakai untuk faktur pajak tersebut?
jika tidak bisa, bagaimanakah solusi yang harus kami lakukan..
mohon penjelasannya..
terima kasih..
Tidak bisa rekan. Bila melakukan itu, rekan akan mendapatkan surat yg isi nya tanggal faktur pajak mendahului tanggal jatah faktur pajak. Solusinya penerbitan faktur pajak tsb dibuat ditas tgl jatah FP.
HapusMisal NSFP diterima tgl 05 des 16. Rekan memakai nomor seri tsb paling cepat tanggal 5 des 16. Tidak bisa ditgl 04 des 16 karena rekan bakal melakukan pembetulan bila melakukan hal tersebut
Permisi pak, pada bulan november kemarin saya sudah membayar pajak PPN dan juga PPh nya, namun pada awal bulan desember ini, ada customer yang meminta di buatkan faktur pajak di bulan november juga. pertanyaannya.!! bagaimana cara membayar PPH nya, sementara bulan november saya sudah membayar PPh nya.?
BalasHapusTerima kasih
Pada bulan november, saudara kan membayar pph dan ppn masa pajak oktober. atau maksudnya rekan sudah membayar pph pada awal bulan desember untuk masa pajak oktober? Selama tidak melewati peraturan batas terakhir pembayaran, rekan bisa membuat ebilling lagi (pph 1%). bila sudah melewati batas waktu, sesuai peraturan, saudara dikenakan denda. Tapi denda tsb tunggu dikirim oleh kantor pajak setau saya. Monggo dikoreksi bila salah. Untuk PPN sama juga hal nya seperti pph. apabila sudah melaporkan, dibuat pembetulan. Thx
HapusSelamat siang pak, saya mau bertanya, saya melakukan pembatalan fpk bulan agustus, ada lebih bayar. Apakah akan otomatis dikompensasikan di bulan berikutnya setelah saya upload SPT pembetulan? Atau harus tulis manual? Mohon bantuannya
BalasHapusSelamat pagi pak, mohon bantuannya
BalasHapusSaya melakukan pembatalan fpk bln Agustus, ada lebih bayar. Apakah otomatis dikompensasikan di bulan selanjutnya setelah saya melakukan pembetulan spt?
Selamat pagi pak, mohon bantuannya
BalasHapusSaya melakukan pembatalan fpk bln Agustus, ada lebih bayar. Apakah otomatis dikompensasikan di bulan selanjutnya setelah saya melakukan pembetulan spt?
tidak otomatatis. Langkah 1, lakukan pembetulan spt ppn agt. kemudian perhatikan centang nya pada induk. apakah mau dikompesasikan ke bulan berikutnya (sep) atau kompensasi ke bulan nov 16.
Hapussaya sudah buat faktur pajak keluaran tapi kenapa di spt masa PPN nya tidak muncul angka yang di faktur pajak keluaran ntu ya????mengapa bisa sprt itu ya...
BalasHapusApakah sudah di upload FP keluaran tsb? bila sudah berhasil, status berubah menjadi sukses dan ada barcode nya. Di spt masa nya tidak muncul? Apakah sudah melakukan posting utk masa FP tsb? karena utk aplikasi efaktur, upload duluan baru posting. Berbeda dengan aplikasi spt-1111 yang posting duluan baru input or impor. Thx
HapusSelamat Pagi Pak,
BalasHapusSaya terbitkan faktur Pajak, dengan termin, nominal DPP 24jt, ppn 2,4jt.
akan tetapi terjadi kesalahan sehingga faktur pajak harus dibatalkan.
setelah saya batalkan di efaktur, kok di SPT tetap tercantum nominal tersebut yaa?
dan SPT PPN tersebut sudah terlanjur dibayarkan oleh PT saya sebelum saya bekerja disitu. Bagaimana Solusinya pak? seharusnya pelaporan pajak saya nihil. cuman berhub.atasan saya tidak tau jadi pajak sdh terlanjur dibayarkan atas PPN 2,4 jt.
terimakasih, mohon bantuannya pak.
Saya coba bantu jawab y. Setelah FP tsb dibatalkan, apakah saudara sudah memposting ulang? Misalnya FP tsb bulan okt 2016 dan sudah setor 2,4jt. dan dibatalkan pada bulan des 2016. Saudara perlu melakukan pembetulan 1 pada masa okt 2016 dengan cara memposting lagi dengan merubah pembetulan 0 menjadi 1.
HapusSetelah itu, yg sudah disetorkan sebesar 2,4jt menjadi lebih dan dikompensasikan ke masa berikutnya atau pilih bulan des 2016 bila di des 2016 kurang bayar. thx
Selamat pagi pak.
BalasHapusKode "ETAX-40003 : Error di service session".
Saya sudah mengikuti solusi/langkah2 yg bpk posting, tp hasilnya sama.
Ndk bisa mengupload dan pesannya sama sprti kode yg ada di atas.
Mohon solusinya....
Selamat Siang Bapak/Ibu.
BalasHapusSaya mau tanya, apakah hari ini Login e-faktur dan e-nofa serta proses upload etax invoice dari siap approval belum juga bisa menjadi Approval Sukses, ini hari tidak bisa oleh Server DJP (baik melalui (baik di Mozilla maupun Google Chrome), mohon petunjuk dan solusi
Coba di cek koneksi internet nya saudara indra. Apakah lancar atau lagi ada gangguan? Seingat saya, saya melakukan upload pada aplikasi efaktur, tidak pernah ada masalah pada desember 2016
Hapuspagi pak.Mohon informasinya..
BalasHapusapakah bisa bila belum melaporkan pembatalan faktur pajak bisa meminta nomor seri faktur pajak lagi ?
dan untuk berkas dan lampiran2 apa saja yg bisa saya persiapkan untuk melaporkan pembatalan faktur pajak?
sebelumnya terima kasih
Bisa meminta NSFP selanjutnya. Untuk berkas yang dibutuhkan utk pembatalan, boleh ditnyakan kepada AR nya langsung berhubung bukan saya yg melaporkan pembatalan FP tetapi rekan saya.
Hapusselamat sore,
BalasHapussaya ingin bertanya mengenai program e-faktur, dimana program e-faktur kami terhapus, lalu saat kami instal lagi, semua faktur yg sudah kami input hilang, saat kita coba input ulang beberapa faktur berhasil kita upload kembali, tapi ada beberapa faktur yg gagal dengan keterangan ETAXSERVICE - 20008 : Nomer Faktur Sudah Digunakan. mohon untuk bantuannya bagaimana cara agar program e-faktur kembali ke sperti semula. terimakasih
utk jawab langsung bisa ke email sya
di. bap.pajak2016@gmail.com
Pak saya mau bertanya.
BalasHapuskita sudah lapor pajak untuk bulan 1q akan tetapi sesudah kita lapor dan uda klop 1 minggu kemudian ada 1 lawan transaksi pada bulan 11 yg sudah dilapor bahwa ada faktur pajak yang salah dialamat dan minta direvisi.itu bagaimana solusinya pak?apakah tidaj akan jadi masalah saat pelaporan pajak tahunan nanti?
Dibuat pengganti nya saja untuk faktur pajak yg sudah berubah alamat tsb. Untuk revisi alamat, cukup dibuat pengganti tanpa harus buat pembatalan. Caranya klik menu pengganti tsb seperti biasa dan simpan tanpa merubah alamat dahulu karena tidak bisa dirubah dari situ. Dengan status yg belum approve, baru pilih edit. Di sana baru bisa diubah alamat. Setelah selesai,upload. Print kasih customer & dibuat pembetulan SPT masa yang bersangkutan. Thx
Hapuspak saya mau tanya
BalasHapussaya mau pembetulan spt ppn dari bulan jan-april dan LB nya akan saya kompensasikan ke masa agustus, bagaimana dengan selisihnya yang kredit pajak bulan mei - juli pak, saya masukkan ke mana ya?
mohon pencerahannya, terima kasih.
Cth : jan 16 LB 1.000
Hapusfeb 16 LB 500
mar 16 LB 300
apr 16 LB 200
Maka :
LB jan 1.000 dikompensasi ke masa brikutnya (feb 16) dan LB feb 16 menjadi 1.500
LB feb 16 1.500 dikompensasi ke masa brikutnya(mar 16) dan LB mar 16 = 1.800
LB mar 16 1.800 kompensasi ke masa berikutnya (apr 16) dan LB apr 16 = 2.000
Diinduk bagian II.H. diminta untuk 3.1 pilih yg ke 2. dikompensasikan ke masa pajak agt 2016 tanpa perlu buat pembetulan spt mei s/d juli karena tidak ada perubahan pada spt tsb.
dan pada spt ppn agt, di formulir AB bagian III.B.2 kompensasi kelebihan ppn karena pembetulan spt ppn masa pajak ___ ___ diisi dengan (04 2016) dengan nilai 2.000 pada cth diatas. Monggo dikoreksi bila ada salah penjelasan
HapusMohon bantuannya Pak,
BalasHapusSaya ingin melakukan SPT pembetulan atas SPT bulan september 2016, dibetulkan pada bulan desember 2016. dilakukan pembetulan karena SPT normalnya (pembetulan 0) waktu itu dibuat nihil, jadi bulan desember ini saya sudah bayar dan akan dibetulkan SPTnya. tapi kenapa tombol untuk merekan SSP tidak aktif ya pak? jadi saya tidak bisa mengisi nomor NTPN dll di isian SSP. Mohon tutorial cara perbaikannya. Terima kasih.
Apakah sudah dilakukan upload FP keluaran nya? dan sudah melakukan posting pembetulan 1? karena mgkn yg saudara isi adalah SPT normal tanpa ada transaksi FP masukan maupun FP keluaran sehingga tidak dapat menginput NTPN karena status nya nihil
HapusSelamat siang,
BalasHapusSaya mengalami kesalahan penginputan NR masukan dan status sudah approval sukses (kesalahan hanya di atas FP yg diretur dan tgl ats FP tsb). Bagaimana cara mengatasinya y? Nilai DPP n PPn nya sudah betul. Tetapi supplier menolak karena barang yg diretur tidak ada pada atas FP yg salah saya input.
NB : NR yang saya kasi kepada supplier tidak ada kesalahan. Kesalahan di pihak saya yg salah menginput saja. Thx
Selamat Siang,
BalasHapussaya mau membatalkan e-faktur dan mau buat E-billing tetapi website SSE nya dan Program E-Faktur nya Error. Apakah semua nya mengalami hal yang sama saat ini ?
tidak. e-faktur saya tidak ada masalah sampai sekarang. Untuk ebilling yg biasa pakai sse.pajak.go.id, sekarang lebih mudah di versi 2 nya yaitu sse3.pajak.go.id dengan user n password yg sama (tidak perlu efin)
HapusSelamat sore pak, saya mau tanya. Saya kok ga bisa ngajuin permintaan NSFP ya? Padahal spt masa PPN nya sudah terlapor sampai bulan november? tetep saja tulisan di E nofa, Laporan SPT Masa PPN untuk 3 Bulan Terakhir Tidak Lengkap ! Apa harus lapor sampe desember ya? Sementara ini baru tanggal 3 Januari 2017. Mohon pencerahannya pak...
HapusSore pak..saya mau tanya jika PPN November 2016 sudah dilapor terus ternyata masih ada invoice bulan November belum diterbitkan faktur pajaknya itu solusinya gmna y pak?
BalasHapusMakasih
Maaf saya mau tanya,
BalasHapus1. Haruskan bulan di invoice sesuai dengan bulan di faktur pajak, jika iya? bisa minta tolong diberitahukan dasarhukumnya.
2. Bolehkah penerbitan faktur pajak itu lompat tahun karena adanya faktur pengganti, misal 010 tersebut dibuat bulan november 2016 namun 011 dibuat dibulan januari. Apakah saya bisa melaporkan 011 tersebut dimasa november, atau saya harus menunggu laporannya di masa januari.
Mohon Bantuannya, terima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuspak saya mau nanya, apakah enofa skarang ini bisa login?saya tidak dapat login dari minggu lalu untuk meminta NSFP lagi
BalasHapusselamat siang admin Saya Mau Tanya cara penginputan e-spt bagaimana. saya selaku Petugas yg mengurusi pajak (Baru) di instansi pemerintah apakah yg harus saya input di Kami Ada pajak PPN, PPh pasal21, pasal 22, pasal23, dan ada juga ppn pph yg di potong langsung oleh kppn dari nilai SPM, apakah semua di input atau yg di pungut bendahara saja. terimakasih
BalasHapussaya ingin melaporkan e faktur ppn1111 untuk bulan agustus sampi dg bulan november sblmnya sudah saya laporkan ppn yg sudah terkumpul , ttpi ada bendaharawan yg belum di laporka maka saya adakan pembetulan nya , tp kok gak bisa ya pas di posting mengubah induk nya masih ttp yg lama pdhl sudah saya buat pembetulan 1
BalasHapusBagaimana solusinya apabila sudah terlanjur melakukan pembatalan pada faktur keluaran,ini hanya salah tekhnis....
BalasHapusMaaf admin mau tanya gmna solusi mengganti jumlah PM yang salah nominal dan massa tetapi status sudah approv sukes,,mohon bantuan
BalasHapusDear admin,, apakah tanggal di delivery order harus sama dengan tanggal faktur / efaktur
BalasHapuspak saya mau tanya kan diespt pph 21 saya dlu awalnya data base nya buatnya diwin 7 32bit nah sekrang saya ganti ke windows 8 32bit kok setelah saya instal esptnya dan data base yang lama saya copy trs saya buka esptnya keterangannya database tidak bisa dibaca
BalasHapusmat pagi pak,mohon bantuannya,laporan spt masa bulan januari-juni 2016 file csv dan pdf hilang,padahal sudah mau lapor spt tahunan.bagaimana caranya untuk mendapatkannya lagi.terima kasih.
BalasHapustanya. saya buat FPK dan sudah di upprove. kemudian di bendahara ada kesalahan. kemudian saya batalkan faktur tersebut. Status Faktur: Batal. kemudian saya bikin faktur dengan nomor baru lg dengan nilai yg sama. kok saya malah jadi kurang bayar senilai dengan faktur yg batal. gmn solusi biar ga kurang bayar?
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb
BalasHapusMaaf pak saya mau bertanya, saya sudah melaporkan SPT tahunan selama 3 bulan terakhir tetapi pas meminta NSFP online belum bisa dengan alasan "SPT Masa PPN Januari 2017 belum dilaporkan!
Permohonan Pengajuan Nomor Seri Faktur Pajak Anda Tidak Dapat Diproses
Hubungi Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar !". bagaimana solusinya ? Terima kasih.
Dear Team, mhn bantuannya sangat. ini bikin saya ga bisa tidur krn kefikiran. misalkan sy ada invoice penjualan bulan feb tapi kan baru dibuat di bulan maret. ternyata enofanya ituu udah abis dan ketika minta baru di bulan maret yaitu 16 maret. pertanyaan ke 1 kan ga mungkin backdate otomatis penjualan di feb ga bisa diakui donk ya? dibatalin dan dirubah seluruhnya ke bln maret? ke 2 . kalau pun bisa. nah berarti penjualan ini yg akan jadi FP keluaran di laporan feb NOL donk dan sedangkan FP Masukannya ada. mohon advicenya apakah sebaiknya dibuat NOL jg jadi laporannya NIHIL di feb atau cara lainnya ttp dimasukan fp masukannya cuma jadi lebih bayar dan di kompensasi di bulan maret. mhn advicenya
BalasHapuspermisi mohon bantuan dan sarannya,biasanya tidak ada masalah tapi kali ini saya mengalami kesulitan di pengiriman efilling, untuk pembetulan ke-1. ketika membuat SPT, sudah memasukkan file SPT dan lampirannya, kemudian saya klik "Start Upload", jalan hingga 87% dan selalu muncul kalimat "Pesan Kesalahan Upload: [object Object]" dan berujung gagal dan tersimpan di submit SPT sebagai Draft. mohon bantuannya untuk dijelaskan. terima kasih banyak. Steven H :D
BalasHapusMohon maaf pak saya mau nanya.
BalasHapusIni kemarin komputer saya error, jadi saya instal ulang aplikasi efaktur dan trnyata data lama nya hilang pasa saya cb buka efaktur.
Dan setelah saya coba input kembali trnyata di reject dengan keterangan nomor pajak sudah digunakan. Karna saya input dikomp baru sebelum saya kembali kekomp lama. Tolong arahannya ya pak
pagi..
BalasHapuspak admin saya mau tanya saya lapor spt Psl 21 pake djponline E Filing Gagal Upload selalu saja muncul pesan seperti ini "Pesan Kesalahan Upload: [object Object]" itu solusinya gimana ya pak...?
saya mengalami hal yang sama. sepertinya kesalahan di pihak DJP. coba hub AR atau kring pajak dan beritahu bahwa terjadi gangguan pada sistem mereka.
Hapusselamat siang admin...
BalasHapussaya mau bertanya, pada tanggal 12 april 2017 saya meminta enofa. namun hingga hari ini enofa yang bulan maret masih sisa. apakah enofa saya bulan april bisa digunakan pada bulan mei. terima kasih
Assalamualaikum Wr. Wb.
BalasHapusMohon bantuannya admin :)
Saat saya ingin melakukan permintaan NSFP, muncul tulisan "SPT Masa PPN Maret 2017 belum dilaporkan! Permohonan Pengajuan Nomor Seri Faktur Pajak anda tidak dapat diproses. Hubungi kantor pelayanan pajak tempat anda terdaftar!"
Seperti itu admin. Padahal bulan lalu saya sudah melaporkan spt bulan februari dan maret sekaligus. Mohon bantuannya admin :)
Assalamualaikum Wr. Wb.
BalasHapusMohon bantuannya admin
3 hari yang lalu kita ganti aplikasi efaktur dari windows 32 bit, ke linux 64 bit dikarenakan komputer kantor kami rusak,setelah instal & registrasi sukses, pada saat peralihan dari windows ke linux, di aplikasi efaktur lama ada 80 faktur yang belum terupload,ketika kami melakukan upload di server efaktur yg baru kami tidak bisa melakukan upload dan muncul "error etax 40003 error service sesion atax service- 20017 client tidak terdaftar", mohon bantuannya admin terima kasih.
Siang min..
BalasHapusmohon bantuannya
kami udh pelaporan PPn masa bulan 3 tetapi ada faktur keluaran yang ternyata lupa diuplod sehingga sebagian faktur pajak dari bulan 3 ada yg belum terlaporkan. itu solusinya gmn min? thank you min
Mas saya habis reset aplikasi efaktur dan sudah extract aplikasi baru dengan installasi sertifikat nya, dan permasalahan saya adalah kenapa saya tidak bisa upload faktur pajak keluaran? selalu reject status nya tanpa ada kode error. Mohon dibantu.
BalasHapusTerimakasih. :)
bisa mohon dibantu saya sudah laporkan pajak yang bulan maret 2017. dan saya kirim berkasnya langsung ke kpp! namun ketika saya akan minta nomor seri baru, yang bulan maret belum terdaftar. jadi untuk proses minta seri faktur tidak bisa dilakukan. mohon solusinya apakah saya harus kirim lagi berkasnya? mohon bantuannya
BalasHapusPermisi mau tanya soal E-faktur.
BalasHapusBulan maret saya bikin FP dengan judul pembelian barang katakanlah A, setelah berlalu bulan, ternyata di bulan Mei FP dengan judul A harus diganti dengan judul B, padahal saya input judul A karena sudah adanya MOU sebelumnya antara pihak saya dan mereka, tapi karena katanya pihak saya salah dengan pengajuan awal barang jadi pihak sana menyarankan agar judul di ganti ke B.(dan ini tidak ada perubahan nominal).
Pertanyaannya, apakah saya harus membuat pajak pengganti di faktur A bulan maret tersebut? sedangkan saya sudah melaporkannya ke pihak pajak, terimakasih.
permisi nanya" dong
BalasHapusada yang tau g gimana cara batalin nota retur pajak masukan yang sudah di approval oleh server DJP ?
kalau ada mohon langkah"nya dong
terima kasih
Mau nanya ni...saya sedang melakukan permohonan nomor seri faktur pajak...spt masa ppn pun sudah saya lapor..tapi krnapa pada saat saya melakukan permohonan melalui e-nofa muncul pemberitahuan.
BalasHapusSPT MASA PPN BELUM DILAPORKAN.Permohonan pengajuan nomor seri faktur pajak anda tidak diproses
sore admin, saya mau tanya. ada pembatalan faktur dibulan Mei, tapi saat saya masuk ke formulir induk 1111 muncul nominal FP yang dibatalkan. bagaimana solusinya ya?
BalasHapusapakah saya tetap membayar yang FP normal (kode faktur 010) saja atau bagaimana? terima kasih mohon bantuannya
Malam admin.. Mau tanya donk..invoice tgl 8 juni sedangkan tgl nomor seri faktur pajak 22 juni (saya lupa minta nomor seri FP, jd br keluar nomor setinya di tgl 22 juni) boleh gak ya? Jika tdk boleh, solusinya bgmn ya? Ada undang undangnya gak ya.. Mohon bantuannya jika ada yg bisa membantu segera.. Terima kasih banyak.
BalasHapusSaya sudah lapor SPT Masa PPN 2016 dari Januari - Desember 2016, nah ternyata ada vendor yang lupa untuk menyerahkan faktur pajak sedangkan Perusahaan saya posisinya kurang bayar pada Bulan Oktober 2016 dan sudah dibayarkan, Faktur Pajak dari Vendor sifatnya menjadi PPN Masukan bagi Perusahaan saya dan tanggal faktur pajaknya tanggal 28 Maret 2016. Nah saya ingin tanyakan apakah saya harus melakukan pembetulan dari Bulan Maret - Oktober 2016 ? terus bagaimana perlakuan pajak kurang bayar yang sudah saya bayarkan otomatis berkurang kurang bayar setelah ada faktur pajak masukan baru. Terimakasih mohon pencerahannya :)
BalasHapusDATABASE EFAKTUR HILANG, DATA E-FAKTUR MASA PAJAK YANG BISA SAYA MINTA APAKAH HANYA MASA PAJAK YANG TELAH DILAPORKAN PPN DALAM NEGERINYA ATAU SEMUA DATA YANG SUDAH SAYA TERBITKAN KE APLIKASI E-FAKTUR?
BalasHapusDAN SEANDAINYA SAYA AKAN INPUT KEMBALI FAKTUR PAJAK YANG TELAH SAYA TERBITKAN TANPA MEMINTA KE KPP ITU BISA ATAU TIDAK?
TERIMA KASIH MOHON DIBANTU
Permisi Bapak/I
BalasHapusSaya ingin bertanya,jadi 8 agustus 2016 lalu saya membikin faktur atas penjualan barang, bagimana ya jika kami sudah membuat SPT TAHUNAN 2016, namun setelah kami tahu ada barang yang batal, nanti apa yg harus di tangani jika faktur pajak tersebut kami batalkan? soalnya faktur pajak tersebut sudah tercantum dalam SPT tahunan 2016
8 DESEMBER 2016 MAAF RALAT
HapusSelamat siang saya mau tanya, apakah tidak apa apa jika data faktur pajak masukkan sdh di input& di simpan, tapi baru di approve 5 hari kemudian? dan untuk faktur pajak keluaran yang di gunggungkan menginputnya di form lampiran 1111AB apa berarti kita harus posting sptnya terlebih dahulu tanpa ada faktur pajak keluarannya?
BalasHapusSelamat Siang,
BalasHapussaya mau nanya, apakah tanggal pada e-faktur boleh mundur.
saya akan buat FP dan invoice, tapi untuk tanggal disesuaikan dengan tgl DO, tgl DO trtulis 22 agustus 2017, saya buat FP'nya hari ini, tapi di e-faktur saya input sesuai dengan tgl pada invoice. FP blm saya upload, tapi saya ragu, takutnya nanti salah.
mohon penjelasannya.
Terima kasih
Salam
Ade
selamat siang,,
BalasHapusadmin saya mau tanya apa bisa faktur pajak bulan jan 17 di isi di bulan juli 17 ???
Permohonan Nomor Seri Faktur Pajak
BalasHapusSPT Masa PPN Juli 2017 belum dilaporkan!
Permohonan Pengajuan Nomor Seri Faktur Pajak Anda Tidak Dapat Diproses
Hubungi Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar !
sudah 10 hari lebih saya sudah lunas dan lapor, tetapi masih gabisa minta NSFP gimana ini min?