Cara Membatalkan Faktur Pajak Masukan di Aplikasi Efaktur, Masalah dan Solusinya

Aplikasi eFaktur memang tidak semudah Aplikasi eSPT PPN, di eFaktur setiap input Pajak Masukan, Pajak Keluaran, FP Pengganti, FP Batal dan retur semua harus diupload terlebih dahulu untuk mendapatkan Approval dari DJP.

Jika Setelah Anda Upload Pajak Masukan dan status Approvalnya Sukses, namun setelah itu anda menyadari ada kesalahan dalam faktur pajak masukan tersebut. Maka anda harus membatalkan FP Masukan tersebut. Bagaimana caranya?

 

Cara Membatalkan FP Masukan di Aplikasi eFaktur

Untuk Membatalkan FP masukan, anda tinggal pilih row PM yang akan dibatalkan, lalu klik tombol Batalkan Faktur di bagian bawah

image

Nah, jika setelah anda   mengupload Pembatalan  Faktur  Pajak Masukan tersebut muncul error :

 ETAX-20038: faktur Pajak Batal tidak ditemukan.

ETAXservice-20027: Faktur tidak valid. Pembatalan Faktur tidak ditemukan.

Apa Penyebabnya? dan Apa Solusinya??

error di atas muncul karena saat Validasi ke Server DJP Nomer Faktur Pajak Masukan yang akan anda batalkan tidak ditemukan dengan status Batal.

Misal, No Faktur 010.000.15.00000001 sebagai Pajak Masukan akan anda batalkan, saat anda Upload maka Server DJP akan mencari No Faktur 010.000.15.00000001 yang statusnya batal.

Karena Lawan transaksi anda tidak membatalkan no Faktur tersebut, maka akan muncul error Seperti di atas.

Bagaimana Solusinya?

Solusinya, adalah dengan Meminta Lawan Transaksi Membatalkan FP Keluaran atas Faktur Tersebut, lalu upload. Baru anda bisa membatalkan FP Masukan atas Nomor yang sama

Advertisement

72 Responses to "Cara Membatalkan Faktur Pajak Masukan di Aplikasi Efaktur, Masalah dan Solusinya"

  1. Cakep dah, banyak banget manfaat dari forum inih. Thanks admin

    BalasHapus
  2. Cakep dah, banyak banget manfaat dari forum inih. Thanks admin

    BalasHapus
  3. Sama sana pak andreas. Semoga blog ini bisa lebih memberikan manfaat

    BalasHapus
  4. bang admin aku ada masalah dibulan juni pake espt aku buat fp dng nomor misal 0002 dan lanjutnya bulan juli aku lupa nomor itu aku pake lagi tuk transaksi berikutnya pake efaktur dan telah terupload masalah lagi lawan transaksi menanyakan no faktur tak sesuai dng jmlh tagihan waktu akan buat SPT mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus membatalkan Faktur 0002 bulan juli di eFakatur. dan buat Faktur baru dengan no Baru

      Hapus
  5. Pak saya input Pk,seharusnya masa agustus,tetapi 1Faktur sudah uproved dibulan sept,bagaimana 1 faktur ini bs masuk ke bulan agustus pak,apakah sy hrs lakukan penggantian atau batal faktur di bulan sep,mhn pencerahannya,mengingat pk tersebut seharusnya dibulan agustus,bukan sept pak,tks

    BalasHapus
  6. Pak saya input Pk,seharusnya dengan kode 011... tetapi saya input dengan kode 010,proses input sampai tahap sudah selesai upload.Setelah saya cek nominal yang tertera di Pk tidak sesuai lebih besar, karena yang terupload dengan nominal faktur PK dari pihak penerbit, faktur sebelumnya( sblm diganti ) Gimana solusinya Pak, untuk bisa diganti ke PK dengan no.011, apakah diretur atau ubah pengkreditan pajak masukan?Mohon bantuannya Pak,tks

    BalasHapus
  7. selamat pagi.
    saya sedang input FP Masukan, karena alamatnya berbeda, saya minta klien untuk ubah sehingga kode depannya 011. yang ingin saya tanyakan, bagaimana dengan proses penginputan ke Efakturnya?
    karena ketika saya input, keluar Error ETAX-20039: Tidak ditemukan faktur yang akan diganti.
    note: kondisinya baru input, belum upload.

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada jawabannya setelah liat postingan blog ini.
      harus di upload dulu ternyata.

      Terima kasih ya.

      Hapus
    2. caranya gimana ya kalo input PM dr lawan trx hanya memberikan faktur pajak pengganti ? karena ketika saya input, keluar Error ETAX-20039: Tidak ditemukan faktur yang akan diganti.
      note: kondisinya baru input, belum upload.

      Hapus
  8. pa,saya mau tanya bgmn klo fp masukan diinput ke masa pajak yg salah misnya shrsnya bulan 9 dimasukan ke masa pajak bulan 10 statusnya approval sukses.untuk mengubahnya di efaktur bgmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara aplikasi tidak bisa pak. Tapi kalau mau rada ribet silakan coba cara ini http://www.efakturpajak.com/2015/10/merubah-masa-pajak-faktur-pajak-masukan.html

      Hapus
    2. klau pajak msukan, di masukkan 3 bln stlahnya msh bisa.

      Hapus
  9. Met siang admin. Mau tanya dong kalau habis bikin pengganti terus mau di upload ditolak karena lawan transaksinya harus sama dengan normal. Emangnya g bisa yach

    BalasHapus
  10. Dh,
    Mohon arahan kalau Faktur pajak keluaran di bulan Okt DIGANTI TGL dan BULAN memakai faktur pengganti atau Batal

    BalasHapus
  11. Dh Admin,
    Bagaimana cara menormalkan kembali, pajak masukan dari bulan agustus yg sudah disetor dan dibayar, ada tambahan 2 faktur pajak masukan bulan agustus yang diperuntukan sebagai pengurang ke bulan oktober 2015, sebelumnya sudah salah pilih opsi retur ke oktober 2015, sehingga pajak masukan dibulan oktober itu sendiri yang berkurang sebesar nilai 2 faktur pajak Agustus yg seharusnya menambah aktor pengurang dibulan oktober.
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya anda ingin mengubah pengkreditan FPM masa agustus, ke masa oktober ?? memang tidak ada opsi ubah atau hapus FPM , jadi solusinya anda harus menggunakan database baru jika anda tetap ingin mengubah pengkreditan FPM tersebut, silahkan baca http://www.efakturpajak.com/2015/10/merubah-masa-pajak-faktur-pajak-masukan.html

      Hapus
  12. Bang admin mau tanya kmrn kan buat faktur pajak keluaran npwp ne tak tulis 00000000000 skrng udah dapat nomernya klo mau nambahke no npwp gmana carane kan lawan transaksi tidak bisa apload

    BalasHapus
    Balasan
    1. NPWP tidak bisa diubah, satu satunya jalan batalkan FP tersebut. lalu buat baru

      Hapus
  13. mau nanya. saya input PPN masukan ke e faktur. itu faktur pembelian November
    pas input.mau saya laporkan di masa pajak Januari 2016
    pas input kan ada isian: bisa dikreditkan : saya kepencet tidak
    tapi udah terlanjur saya upload
    gimana caranya supaya faktur ini saya ganti bisa di kreditkan

    ma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa diubah kok bu diana, silahkan klik Faktur tersebut, klik ubah pengkreditannya , di bawa ada menunya kok

      Hapus
  14. dear admin

    saya punya faktur pajak bln 12 namun belum saya masukkan ke espt, dan bulan 12 sudah saya lapor, kasusnya pas saya input FP Masukan bln 12 di bln maret, knp tidak muncul di masa 12. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda mengkreditkannya ke masa 12 atau 3 ? kalau di masa 3 ya pasti tidak akan masuk ke masa 12.
      FPM masa 12 bisa dikreditkan di masa 3, saya rasa tidak akan ada masalah

      Hapus
  15. Pak saya sudah upload faktur pajak masukan dan susah status Approval sukses, tetapi ternyata saya salah input masa pajak ,, seharusnya masa pajak 4 ,, saya isi dengan 3... bagaimana solusi nya ? Trims

    BalasHapus
  16. MAU TANYA SAYA INPUT PAJAK MASUKAN PENGGANTI 011
    SEMUA SUDAH BENAR SAMAPI SEBELUM SAYA UPLOAD KROSKECK ULANG TERUS...
    TETAPI SETELAH UPLOAD KENAPA NILAI NOMINAL BISA BERUBAH SENDIRI YA....
    MOHON PENCERAHAN... SUDAH TIGA KALI INPUT PENGGANTI TETAPI MASIH MUNCUL ANGKA YANG BERBEDA DENGAN YANG SAYA UBAH
    THANKS

    BalasHapus
  17. Pak saya mau tanya saya lupa lampaukan 3 nomor untuk faktur juni tp saya udh pakai 3 no shrs ny untuk faktur pajak juni jd saya hrus batalkan faktur? 3 nomor ni tdk bss di pakai lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan 3 nomor saya udh msukan ke juli..saya hrus batalkan faktur juli di e faktur? Dan no faktur untuk juni hrus nomor slnjut ny dri batal ya pak

      Hapus
    2. Dan 3 nomor saya udh msukan ke juli..saya hrus batalkan faktur juli di e faktur? Dan no faktur untuk juni hrus nomor slnjut ny dri batal ya pak

      Hapus
  18. Pak saya mau tanya saya lupa lampaukan 3 nomor untuk faktur juni tp saya udh pakai 3 no shrs ny untuk faktur pajak juni jd saya hrus batalkan faktur? 3 nomor ni tdk bss di pakai lg?

    BalasHapus
  19. Pak saya mau tanya nich.. misal nomer seri 047 sudah dibatalkan karena telah terpakai no seri nya,nah ternyata lawan track menginfut di pajak masukannya.. dan meminta faktur pajak keluarannya ats nomor seri tersebut paddahal jika telah di batalkan no seri tidak bisa di pakai lagi ya pak jadi bagaimana solusinya yaa pak.. mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya anda buatkan faktur baru dengan nomor baru. dan FP 047 tersebut tidak perlu diinput sebagai FPM lawan transaksi

      Hapus
  20. saya bertanya, saya membuat retur pajak masuk, sudah approve sukses. bagaimana cara batalkan? saya mau minta suppliernya aja buat faktur pengganti jadi saya gak perlu retur. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika supplier membuat FP pengganti, maka otomatis seluruh retur atas FP normalnya ikut batal. Karena sudah approve sukses silahkan batalkan Retur tsb setelah supplier membuat FP pengganti

      Hapus
    2. Saya buat retur FP pengganti, apakah kalau supplier buat pengganti lagi bisa batal retur saya? Sedangkan no FP pengganti kedua tetap sama dengan FP pengganti pertama

      Hapus
  21. Permisi, barusan saya membatalkan faktur pajak masa Agustus 2016 untuk invoice yg saya cetak bulan agustus 2016, yang saya mau tanyakan, apakah nominal untuk faktur pajak yang saya batalkan tersebut masih terhitung ketika saya membuat espt untuk masa pajak Agustus 2016 ,atau sudah otomatis tidak terhitung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab boleh ya bang ADI Admin,
      ibu yuni sudah otomatis tidak terhitung karna status batal.

      Hapus
    2. bantu jawab boleh ya bang ADI Admin,
      ibu yuni sudah otomatis tidak terhitung karna status batal.terima kasih

      Hapus
    3. Misalnya anda sudah Posting SPT 08 2016, lalu anda batalkan faktur maka SPT yang batal tsb tetap terhitung
      Tapi Jika anda Batalkan Faktur lalu posting SPT maka Faktur tidak terhitung

      jadi jika sebelumnya anda sudah Posting SPT 08 2016, silahkan hapus SPT, batalkan Faktur, lalu Posting ulang

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. permisi saya mau tanya min, efaktur yg sudah dapet barcod dan sudah di uplod/ aprove bisa di batalin atau di hapus gak min? soalnya saat input efaktur ada kesalahan.. atau mungkin ada solusi lain,, mohon pencerahan nya. terimakasih...

    BalasHapus
  24. pak admin, kalo masalahnya fp masukan bulan juni terus di bulan juli kemasuk lgi solusinya gimana yaaa ....
    apa masi bisa di buat pembetulan

    BalasHapus
  25. Selamat siang admin....saya ada masalah mengenai Faktur Pajak Masukan, saya sudah upload faktur pajak masukkannya, tapi ternyata faktur pajak yang saya upload itu salah pada masa pajaknya....bagaimana solusinya min?apakah masa pajaknya bisa saya rubah?dan bagaimana caranya...Trima kasih mohon solusinya

    BalasHapus
  26. sangatmembantu min..... matur tengkiyuuu atas penjelasannya..

    BalasHapus
  27. selamat sore admin,saya ada kendala untuk pajak masukan..saya ada double penginputan untuk Faktur Pajak Masukan dan sudah di upload,mohon bantuannya min,thankyou..

    BalasHapus
  28. Selamat siang mas

    saya mau tanya, saya pernah dengar mas kalau PPn lebih bayar yang terjadi 5-6 Masa secara berturut-turut itu nantinya akan diperiksa oleh orang pajak. Nah yang terjadi dengan saya PPn lebih bayar 4 masa secara berturut-turut (Apr-Jul). Untuk masa Agustus ini saya belom lapor karena Lebih bayar bulan sebelumnya (Jul) jika dikompensasi ke masa agustus ini pasti lebih bayar lagi.

    yang saya ingin tanyakan dari kasus diatas, bagaimana solusinya untuk pelaporan Masa Agustus nya? apakah bisa lebih bayar masa sebelumnya jika tidak dikompensasikan?

    Mohon bantuannya
    Terima kasih

    BalasHapus
  29. Pak, saya mau tanya . Ini saya ada kasus saya keliru memasukan nomor faktur pajak yang seharusnya diretur pada Nota retur pembelian di efaktur dan sudah terlanjur saya upload. Bagaimana caranya saya membatalkan transaksi tersebut?

    Terimakasih

    BalasHapus
  30. Selamat Pagi Pak Adi, bagaimana cara membatalkan retur faktur pajak masukan salah yg sudah terlanjur di approve? kok di tampilan tidak ada menu batalkan retur.. apa saya harus batalkan faktur pajak masukannya ? dan kalau sudah dibatalkan apa supplier harus membuat fp baru? khan sebenarnya fp mereka tidak salah? tp ketika di batalkan tertulisnya "faktur pajak tidak ditemukan" .

    BalasHapus
  31. Pak saya sudah upload faktur pajak masukan dan sudah status Approval sukses, tetapi ternyata saya salah input masa pajak ,, seharusnya masa pajak 9 ,, saya isi dengan 8... bagaimana solusi nya ? Trims

    BalasHapus
  32. Pak mohon bantuannya, apabila saya salah memasukkan jumlah pajak masukan dan sudah di approve, ketika saya minta pihak lawan untuk batalkan mereka menolak. Lalu bagaimana solusi untuk pembetulan faktur pajak yang salah tersebut ya Pak? Mohon bantuannya. Terima Kasih

    BalasHapus
  33. Mohon saran. Saya salah membatalkan faktur pajak yg sebenarnya tdk batal . sedangkan cust sudah melaporkan pajak keluaran tersebut .dijuni. Apa yg harus saya lakukan

    BalasHapus
  34. PAK. ADMIN . MAU TANYA NI ..
    BAGAIMANA CARA ATO SOLUSI JIKA RETUR PAJAK KELUARAN TERINPUT 2X
    MOHON SARANNYA

    BalasHapus
  35. Hi admin, permasalahannya saya fp masukkan salah input nilai DPP dan itu sudah saya approval success. dan bagaimana cara mengganti nilai DPP tersebut? mohon pencerahannya admin. makasih..

    BalasHapus
  36. pak admin, saya mau tanya bagaimana kalau saya sdh posting bln Nov tapi ternyata ada tambahan faktur pajak yang belum saya input. tolong beri pencerahan dan solusinya. terimakasih

    BalasHapus
  37. Pak saya mau tanya, folder efakturnya kan saya kopi ke fd pak untuk jaga-jaga kalau terjadi kerusakan pada komputer, kemudian pada awal tahun sya mnta pergantian nomer faktur kekantor pajak setempat menggunakn FD . lah saya lupa saat mengerjakan pajak keluarannya diFD tapi pajak masukanya saya masukan dikomputer, itu solusinya gimana ya pak agar tidak terjadi pendoubelan faktur pajak. mohon solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di export import aja pak .. ada ko menu pilihannya di Faktur Pajak Keluaran maupun Faktur Pajak Masukan..

      Hapus
  38. Pak mksd dari kata upload yg saya pakai tanda kuitp ini apa yaa???
    Solusinya, adalah dengan Meminta Lawan Transaksi Membatalkan FP Keluaran atas Faktur Tersebut, lalu """"upload"""". Baru anda bisa membatalkan FP Masukan atas Nomor yang sama

    BalasHapus
  39. tapi kalau lawan transaksi tersebut tidak mau membatalkan faktur keluaran gimana ya solusinya untuk saya bisa membatalkan faktur pajak masukan ?

    BalasHapus
  40. Pagi pak saya lagi bingung pak saya suruh di batal faktur a misalkan ternyata yg saya batalkan yg b sampai sekrg saya bingung utk mengambalikan yg b krn sdh ke klien dan dia tdk mau tau hrs nomer itu bagaimana ya pak terimakasih sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya Bu Is tetap harus membatalkan faktur pajak a dan membuat penggantinya, sedangkan untuk faktur pajak b yang sudah terlajur dibatalkan nomornya sudah pasti tidak bisa dipake lagi, tinggal buatkan pengganti dan permaklumkan untuk klien penerima, karena mekanisme e fakturnya memang seperti itu, jadi yang menerima juga harus mengerti

      Hapus
  41. Selamat siang
    Kalau mau membatalkan faktur tapi lawan transaksi tidak punya id efaktur.pajak.go.id dan belum pernah membuat kaya gimana pak terimakasih

    BalasHapus
  42. Pak saya salah membuat FP pajak yang seharusnya retur penjualan saya buat menjadi pembatalan dan sudah saya upload bagaimana ya Pak untuk solusinya. terima kasih

    BalasHapus
  43. Selamat siang pak, saya buat faktur pajak keluaran dan sudah di upload,tapi salah lawan transaksinya? lawan transaksi yg sudah di upload sudah tutup? dan saya ke klik batal pak? jadi gimana ya pak??

    BalasHapus
  44. Apa yang harus saya lakukan pak? tolong bantu saya?

    BalasHapus
  45. Selamat siang, saya ada masalah dengan e-faktur, faktur pajak saya bulan juni tiba2 tertulis batal, padahal saya tidak pernah membatalkan faktur dan penjualan juga tidak batal. Bagaimana ya caranya supaya dibatalkan pembatalannya saya bingung kenapa tiba-tiba tertulis batal. Mohon dibantu solusinya

    BalasHapus
  46. selamat siang,, saya mau tanya mohon info rekan bagaimana cara mengetahui status faktur pajak masukan itu teretur? contoh kalo misalnya ada kesalahan kan kita bikin penganti nah ada namanya (Normal-Penganti)dan (Diganti) kalo retur itu gimana statusnya ya? mohon masukannya,,terimaksih

    BalasHapus
  47. Selamat siang admin,,
    saya ada kesalahan dalam menginput data, bagaimana caranya membatalkan FP yang sudah saya upload.
    Terima kasih atas atensinya.

    BalasHapus
  48. Sore pak...setelah batalkan faktur selanjutnya gimana? lawan transaksi saya bilang salah no npwp sementara ppn sudah saya setor tp blum lapor di bulan 9-2017 tahun lalu na sekarang baru mau di batalkan...buka faktur baru lagi dgn no npwp yg baru itu ntar perihal ppn nya gmana? bayar lagi?..tq

    BalasHapus
  49. sore pak, kasus saya hampir sama dengan diatas. namun bedanya nomor faktur tersebut belum termasuk dalam e-faktur. apa yang harus saya lakukan? mohon bantuannya.
    info tambahan nomor tersebut sudah saya upload manual di efaktur pajak masukan dan bisa. terima kasih

    BalasHapus
  50. Nginput pajak masukan ke efaktur sebanyak misalkan 130 fp. Lalu di upload sukses semua. Nah langkah berikutnya kan diposting, tapi jumlah yg diposting gak sama dgn jumlah yg direkam. Mis ; Jumlah yg diposting 122. Itu artinya apa ya?

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih