Solusi No Faktur Tidak muncul otomatis dan cara Menghapus sisa nomor seri faktur 2015 yang tidak terpakai

Mungkin artikel ini sepertinya telat saya tulis, tapi tidak mengapa. Barangkali ada rekan rekan yang masih bermasalah dengan sisa jatah nomor faktur tahun sebelumnya.
Contoh kasusnya seperti ini,  misalnya
Tahun 2015 anda mengiput jatah nomor faktur nomor 1 sampai 10
Sampai dengan desember 2015 nomor yang terpakai nomor 1 - 7, sehingga masih ada sisa nomor 8-10
Tahun 2016 anda dapat jatah nomor faktur baru.
Saat anda Input Faktur tahun 2016, nomor seri faktur yang muncul masih nomer seri 2015, bukan nomor seri 2016
Solusinya tidak susah kok,  silahkan buka menu referensi nomor faktur
Klik baris range faktur tahun 2015 yang masih ada sisa tersebut.
Klik tombol hapus.
Maka sisa faktur 2015 yaitu nomor 8-10 akan terhapus, sehingga tidak ada lagi sisa faktur 2015.
Jangan takut,  baris data range faktur tersebut tidak akan terhapus hilang dari referensi nomor faktur.
Selanjutnya saat Input Faktur pajak 2016 secara otomatis akan muncul jatah faktur 2016
Demikian saja, semoga bermanfaat.
Advertisement

21 Responses to "Solusi No Faktur Tidak muncul otomatis dan cara Menghapus sisa nomor seri faktur 2015 yang tidak terpakai"

  1. lebih telat dari pada gk sama sekali kan.. artikelnya ngebantu banget.. thank's yak...

    BalasHapus
  2. mohon sharing bagi yang sudah nyobain , bener bisa nggak ? masih takut untuk nyoba hapus range.. takut error..

    BalasHapus
  3. Sangat membantu.terimakasih Pak/Bu.

    BalasHapus
  4. keren..berhasil..Terimakasih pak/bu atas artikel ini..sangat membantu..

    BalasHapus
  5. kenapa saya tidak bisa menghapus range nya,,? responya tidak dapat menghapus karena telah menggunakan sebagian nomor nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama... saya juga tidak dapat menghapus karena nomor ini telah digunakan..

      Mohon pencerahan

      Hapus
    2. coba dibaca tulisan yang muncul saat mengklik hapus range, nah disitu ada tulisan range tidak dapat dihapus karena sudah terpakai sebagian, tapi hanya bisa di UPDATE...

      di UPDATE itu maksudnya kalo range nomor qt 1 - 10 , tapi yg kepake cuma sampai 7 , maka otomatis range nya akan di update 1 - 7

      awal - akhir : 1 - 10 setelah di update berubah menjadi
      awal - akhir : 1 - 7

      Moga bisa membantu ya ^.^

      Hapus
  6. terimakasih infonya....sukses selalu

    BalasHapus
  7. Sekarang saya punya nomor f. 1-5.nomor 1 dan 3 sdh terpakai sebelum e faktur.skrng saya mau rekam nomor faktur dari 2 terus lompat ke 4 dan 5.bisa g ya

    BalasHapus
  8. Sekarang saya punya nomor f. 1-5.nomor 1 dan 3 sdh terpakai sebelum e faktur.skrng saya mau rekam nomor faktur dari 2 terus lompat ke 4 dan 5.bisa g ya

    BalasHapus
  9. sangat membantu dan bermanfaat, waktu itu saya sempat kebingungan kenapa tidak otomatis no fakturnya muncul. dan harus manual input no nya, dengan artikel ini alhamdulillah masalah sudah teratasi. nuhun ilmunya, bermanfaat banget

    BalasHapus
  10. Mohon bantuannya mungkin ada yang pernah alamin hal yang sama dengan saya. Masalahnya saya tidak bisa mengubah status upload dari belum approve menjadi siap approve, malah terdapat tulisan "0 retur/faktur siap diproses oleh uploader" padahal saya sudah memilih Retur/Faktur yang akan diupload. Mohon bantuannya kawan.

    BalasHapus
  11. terima kasih, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  12. Sangat Membantu tapi saya gak menghapus range sisa No.faktur, lebih baik saya input nomor baru untuk jaga2 aja

    BalasHapus
  13. terimakasih pak sangat membantuku pagi ini.
    akhirnya bisa muncul otomatis nomor seri faktur yang baru saya update sudah muncul

    BalasHapus
  14. mohon Sharing,
    saya barusan memasukan referensi nomor seri pajak,
    saat saya export/import saya salah lihat nomor, yang saya masukan adalah nomor faktur akhir..saat saya import jadinya hanya satu nomor yang bisa sukses di import dan itu adalah nomor akhir pada referensi nomor pajak,saya langsung hapus sebelum upload..yang jadi pertnyaan kenapa pada kolom nomor terarakhir yang dipakai adalah nomor akhir yang sudah saya hapus tadi???
    padahal saya tidak jadi pakai..
    dan saat saya rekam faktur pejakk keluaran dia tidak terbaca otomatis yang belum dipakai..

    mohon bantuannya..
    Terima Kasih

    BalasHapus
  15. Mohon bantuannya rekan,
    saya tak sengaja menghapus data range no, seri faktur,
    cara untuk mengembalikannya kembali gmna ya???
    mohon bantuannya.....

    BalasHapus
  16. kak, mau nanya jika nsfp baru sudah di minta tanggal 29 desember 2017 padahal untuk masa desember faktur keluaran ada yang belum di buka pada bulan itu dan sisa nsfp masih tersisa 54 lbr. Apa yang harus saya lakukan? jika ada transaksi terkait di tanggal 29 desember 2017 apa boleh memakai nsfp thun 2018 karena disana tertulis nsfp mulai di gunakan tanggal 29 des 2017 untuk 2018.

    BalasHapus
  17. membantu bgd nih.. terima kasih

    BalasHapus
  18. sangat membantu ....terimakasih

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih