Solusi ETAX-40005 : Error di service registrasi null

Penyebab error di Servis Registrasi Null :

Error ini disebakan karena anda melakukan aktifasi efaktur dengan kode aktifasi yang pernah digunakan sebelumnya untuk aktifasi

Kode Aktifasi efaktur (dapat dilihat pada menu profil utama) hanya dapat digunakan untuk satu kali aktifasi.

contohnya begini, Anda melakukan Aktifasi e-faktur pada tanggal 1 Agustus 2018 dengan kode Aktifasi 1234ABCD , pada tanggal 2 Agustus komputer anda rusak sehingga databse efaktur hilang.
Anda mendownload ulang aplikasi e-faktur dan melakukan aktifasi ulang dengan kode Aktifasi yang sama 1234ABCD.

Pada kasus ini pasti anda akan gagal melakukan aktifasi dengan error di Servis Registrasi Null, karena kode 1234ABCD telah digunakan sebelumnya.

Bagaimana Solusinya.

  1. Silahkan reset Aplikasi Client dari aplikasi e-nofa. 
  2. Setelah reset Aplikasi Client e-faktur maka anda akan mendapatkan 16 digit kode aktifasi baru, misalnya 1234ABCD1234ABCD
  3. Setelah reset aplikasi client silahkan lakukan aktifasi ulang dengan kode aktifasi yang baru tersebut

Advertisement

47 Responses to "Solusi ETAX-40005 : Error di service registrasi null"

  1. pak kok link reset aplikasi clientnya kok ga aktif, mohon di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikatnya sudah diinstal belum ? untuk reset harus sudah terinstall sertifikatnya. baca : http://www.efakturpajak.com/2015/08/cara-menginstall-sertifikat-elektronik.html

      Hapus
    2. saya juga coba reset aplikasi client nya pak, tp keterangannya begini "The owner of efaktur.pajak.go.id has configured their website improperly. To protect your information from being stolen, Firefox has not connected to this website."
      Mohon bantuannya jg pak...

      Hapus
    3. Coba pake browser lain, Google Chrome atau Internet Explorer, jangan pake mozila

      Hapus
    4. saya sudah coba tapi tidak berhasil, yang muncul tetap etax-40005 error. mohon bantuannya

      Hapus
    5. Pak saya sudah install sertifikat elektronik.nya di browser tapi keterangan masih belum aktif..
      Mohon bantuannya

      Hapus
  2. mohon bantuan nya,
    saya sudah berhasil install sertifikatnya untuk reset aplikasi.
    selanjutnya saya klik pilihan "reset aplikasi". kemudian muncul kolom kode aktivasi 16 digit dan pasword yang harus diisi.
    mohon bantuannya, darimana kita dapat 16digit kode aktivasi itu ya gan?
    trims,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di aplikasi enofa Online pada menu profil utama

      Hapus
    2. di profil utama untuk kode aktivasi masih muncul yang kode lama 6 digit , apa ada yang salah ya ? mohon solusi gan

      Hapus
    3. SETELAH BERHASIL RESET APLIKASI CLIENT, TAMPILAN KODE AKTIVASI 16 DIGIT DILIAT DIMANA????

      Hapus
    4. iya masih sama nih 6 digit yg lama hadeuh :(

      Hapus
    5. meski diminta 16 digit... masukkan saja sebanyak 6 digit pak... insyaAllah tetap berhasil

      Hapus
    6. Mohon bantu dapat 16 digit dimana? Soalnya masih belum ketemu. di profil masih yang 8 digit.

      Hapus
  3. selamat siang,
    mau tanya ini..
    bila sudah input faktur pajak keluaran dan ternyata salah tanggal dokumen tapi masa pajak nya cocok gimana yah??
    contoh nya tanggal dokumen 26 agustus 2016 seharusnya mesti tanggal 01 juli 2016 tapi masa pajak nya cocok bulan juli..
    solusi nya gimana yah??
    tolong solusi nya kirim ke alamat email saya Srikandi.d@yahoo.com

    terima kasih.

    BalasHapus
  4. kalau boleh aplikasi e-faktur ini bisa dibuka dikomputer/laptop yang berbeda tanpa aktifasi lagi jadi hanya sekali aktifasi saja. Contoh permasalahan Error Etax-40005

    BalasHapus
  5. Kalau sudah pernah buat kode aktivasi lalu di dalamnya ada data dan jika di reset kembali kode aktivasinya apakah akan hilang data-data sebelumnya atau tidak

    BalasHapus
  6. MENU RESET APLIKASI CLIENT ERRORRRRR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Install sertifikat ke browser untuk masuk menu reset aplikasi Client

      Hapus
    2. cara instal sertifikat ke browser gimana ?

      Hapus
    3. sudah instal sertifikat ke browser tapi masih tidak bisa reset

      Hapus
  7. mengapa permintaan kode aktifasi harus langsung kekantor pajak, apa tidak ada cara untuk membuat aplikasi online agar reset client jauh lebih efisien, karena kemungkinan komputer mengalami kerusakan sangat besar, mohon respon. thanks

    BalasHapus
  8. selamat siang. . .

    saya mau tanya .
    saya input faktur pajak keluaran dan ternyata salah, saya sudah mengganti faktur pajak tersebut dengan faktur pajak pengganti. setelah saya approve ternyata rejeck.keterangan etax-20027 :tanggal faktur pengganti tidak boleh kurang dari faktur pajak. saya ubah tapi tidak bisa.
    tolong solusinya
    terimakasih..

    BalasHapus
  9. maaf, mohon batuannya , sy tidak bs reset aplikasi di mozila atau pun crom sudah dicoba, mohon penceraannya

    BalasHapus
  10. mohon pencerahan ya pak. setelah saya reset 27jan 2017 ini, ternyata aplikasi efaktur menjadi baru lagi. data lama hilang semua.
    pertanyaan :
    1. apakah data faktur pajak yg hilang (data pelaporan desember 2016, nop, okt, sept dan kebawah bawahnya), perlu di input kembali?
    2. di data 2017, januari tgl 1 sd 26, juga sudah banyak data pajak keluaran yg sudah di upload. berhubung hilang juga (setelah direset ini), apakah masih perlu untuk di input ulang ?
    terimakasih. mohon penjelasan.

    BalasHapus
  11. mohon bantuannya..
    saya sdh coba reset aplikasi client tapi mnucul tulisan "Aplikasi eFaktur Desktop belum aktif"
    bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  12. terima kasih utk infonya. membantu sekali

    BalasHapus
  13. pak saya mau tanya

    Bagaimana cara nya mengganti server e faktur ke pc yang lain?

    mohon bantuanya

    BalasHapus
  14. trima kasih informasinya sangat membatu, tetap berkarya dan sharing

    BalasHapus
  15. kode aktivasi yang baru muncul dimana?

    BalasHapus
  16. pelayanan web ini payah,.. dan susah dipertanggungjawabkan krn hanya memakai blog gratisan,... domainnya aja yg berbayar

    BalasHapus
  17. saya sdh coba reset aplikasi, kode aktivasi dan password sudah sy masukan tp tidak bisa...
    muncul kode aktivasi atau password salah
    mohon bantuannya...karena data yg saya masukan sdh benar

    BalasHapus
  18. pak saya mau tanya, kalau misalnya kode aktivasi desktop saya di profil user beda dengan kode aktivasi desktop yang saya masukan untuk registrasi e-faktur,ada pengaruhnya tidak ya sama e-faktur yang saya jalankan?
    karena saat saya menginstal ulang e-faktur saya,ternyata saya tidak perlu memasukan ulang kode aktivasi,sedangkan saya sudah merestart kode aktivasi saya, mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  19. pak mau tny, sy mau update efaktur versi 2 sdh masuk sampai register etax invoice, data sdh sy input semua lalu muncul kalau kode aktivasi sdh pernah di pakai, apa harus minta kode aktivasi lagi untuk bisa buka efaktur versi 2, mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
  20. Sepertinya DJP kegedean nafsu saja, hadeeeeeeh pusing .... no more comment.
    bosen...muak...!!

    BalasHapus
  21. berarti faktur masukan saya yang kemarin hilang dong pak berarti saya rugi dong,, bisa di input ulang ngga ya pak faktur masukannya, soalnya saya buka yang kemarin sudah tidak bisa, mohon bantuannya

    BalasHapus
  22. Jangan tunggu sampai database efaktur anda error.
    Segeralah backup database efaktur anda secara berkala minimal sebelum dan sesudah memakai aplikasi efaktur.

    Saya punya aplikasi untuk backup database efaktur versi terbaru.
    Hubungi : 0857 1823 4239

    seperti ini aplikasinya :
    http://www.lokomedia.web.id/2017/10/software-backup-database-efaktur-sekali.html

    BalasHapus
  23. kalau saya install versi baru dan ganti kode aktivasi baru, apakah database lama hilang juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Database tidak ada setelah ganti kode aktivasi baru. Saya sudah melakukan ganti kode aktivasi. Karena setelah upgrade ke versi 2 aplikasi minta registrasi sertifikat Error Tax 40005.

      Hapus
    2. http://www.efakturpajak.com/2015/08/cara-mengembalikan-data-faktur-pajak.html

      Hapus
  24. bagaimana cara mengaktifkan status aplikasi efaktur dekstop nya ya setelah
    reset aplikasi client?

    BalasHapus
  25. Selamat siang,
    Pak mohon bantuannya sy ingin meriset tetapi malah keluar tampilan error itu bagaiman yah caranya mohon di jelaskan..
    terimakasih

    BalasHapus
  26. Terimakasih pak tutorialnya. sekarang saya sudah bisa menggunakan aplikasi efaktur saya kembali

    BalasHapus
  27. "Your connection is not secure" jika muncul seperti ini solusinya bagaimana pak?

    BalasHapus
  28. Terimakasih infonya, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  29. APK GOBLOK SEPERTI ORANG YANG BUAT !!!

    BUKANYA MEMUDAHKAN MALAH TAMBAH MENYUSAHKAN

    BalasHapus
  30. Seharusnya aplikasi pajak ini dapat lebih memudahkan bukan malah menyusahkan.

    BalasHapus
  31. Pak saya ngalamin habis reset aplikasi clinet dari aplikasi enofa kok belum terima 16 digit aktivasi baru ya imil sudah saya gantinsoalnya imil lama sudah tidak aktiv

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih