Permasalahan dan Solusi Installasi E-SPT PPh 21 2014

image

Aplikasi E-SPT Pasal 21 tahun 2014 dalam proses installnya membutuhkan .NetFramework 4, jika windows anda belum tersinstall, maka anda tidak bisa menginstaal e-SPT pasal  21 2014. tapi pada kenyataannya, installasi .NetFramework 4 juga tidak selalu berjalan mulus. itu baru salah satu masalh, nah berikut ini saya coba tuliskan beberapa masalah dan solusi soal e-SPT PPh Pasal 21 2014

  1. .Net framework tidak bisa diinstall, solusinya update windows anda, jika tidak memungkinkan maka gunakan cara berikut :
    • buka notepad anda :
    • copykan copas code berikut :

    @echo off
    net stop WuAuServ
    ren %windir%\SoftwareDistribution SDold
    net start WuAuServ
    pause

    • save as wuaufix.bat
    • run as administrator file wuaufix.bat tersebut
    • coba install kembali .Net Framework 4.
    • jika masih belum bisa, masuk windows melalui safe mode lalu jalankan file wuaufix.bat tsb
  2. Tidak dapat mencetak lampiran e-SPT
    solusinya install crystal report untuk window 32 bit, tidak peduli OS Windows Anda 32 bit atau 64 bit, install saja yang 32 bit. karena dari beberapa kasus user tidak dapat mencetak lampiran e-SPT karena menginstal Crystal Report 64 bit.
  3. Aplikasi e-SPT sudah terinstall tapi saat dibuka, muncul pesan : Database tidak dapat dibuka.
    biasanya disebabkan karena Ms. Access tidak terinstal pada PC anda. Ms Acces yang direkomendasikan adalah Ms. Acces 2007.
    Jika Ms Access sudah terinstal, namun masih muncul pesan seperti di atas silahakn install AccessDatabaseEngine.exe
  4. Muncul Pesan error NPWP harus 15 digit, padahal anda sudah menginputkan 15 digit NPWP
    solusinya , ubah regional and language setting anda ke Indonesia

image

mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, jika ada masalah lainnya silahkan diskusikan bersama kami pada komen dibawah. terimakasih

Advertisement

22 Responses to "Permasalahan dan Solusi Installasi E-SPT PPh 21 2014"

  1. siang .. saya bagus ingin bertanya ... e-SPT sudah terinstall tapi pada saat ingin Ganti Folder dan pilih database knpa ga connect ke Microsoft Access Engine Database.. padahal sudah terinstal ... tolong bantuannya .. :D terima kasih

    BalasHapus
  2. Regional setting sdh disetting ke indonesia, tapi kenapa masih minta di ubah ke ndonesia ya? padahal sudah di restart segala...

    BalasHapus
  3. Saya tadinya gak bisa akses DB. Lalu sudah download dan OK. Masalah baru datang, pas mau login diminta memasukan nama sama pswd. kudu di isi apa ya....

    BalasHapus
  4. Saya sudah install AccessDatabaseEngine.exe tapi pas pilih database keterangannya "Tidak terdapat Access Database Engine 2007 pada komputer anda", solusinya gimana ya?

    BalasHapus
  5. Salam, saya kotto, ingin bertanya ???
    e_SPT Masa PPh 21 saya sudah terinstal, dan setting languge dan date dikomputer saya sudah saya robah menjadi Indonesia, tetaoi kenapa...ketika menjalankan masih muncul npwp NPWP harus 15 digit, NPWP sudah saya isi sesuai NPWP pajak, mohon bantuannya....terima kasih

    BalasHapus
  6. Salam,

    espt 2114 saya sering "close program" tanpa sebab.
    berikut notice nya :
    espt2117 has stopped working.
    a problem caused the program to stop working correctly.
    windows will close the program and notify you if a solution is available.

    kira kira masalah saya tsb diatas dikarenakan apa yach ?
    dan solusi yang harus saya lakukan bagaimana ?

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Salam,
    saya ingin bertanya, pada saat akhir menginstall e-spt pph 21 dilaptop saya terdapat problem dengan error message seperti ini :
    Setup has detected that the file 'C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\VSD6CF6.tmp\Crystal Reports for .NET Framework 4.0\CRRuntime_32bit_13_0_15.msi' has changed since it was initially published.

    See the setup log file located at 'C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\VSD6CF6.tmp\install.log' for more information.

    Kalau seperti itu solusinya harus bagaimana ya? Saya sangat mohon bantuannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisa belum instal aplikasi spt pph 21 nya ? soalnya punya saya juga seperti itu.

      Hapus
    2. sama saya juga gitu..sampai pusing cari solusinya...

      Hapus
    3. udah dpt blom solusinya yak..dibikin lieuur nih sama espt

      Hapus
    4. mba udah dapet solusinya? punya saya juga gitu

      Hapus
  8. Saya juga begitu,mau ke helpdesk antrine sak ndayak...

    BalasHapus
  9. Sama....masalah terus error CRRuntime_32bit_13_0_15.msi.
    Error Error...Download Download tetap sama.....error CRRuntime_32bit_13_0_15.msi.
    Solusinya bagaimana....??

    BalasHapus
  10. saran buat yg error, coba copy file "e-SPT package.msi" ke desktop lalu klik kanan dan pilih install
    mudah2an bisa!

    BalasHapus
  11. pusing, saya kira hanya saya yg memiliki masalah yang sama heeee

    BalasHapus
  12. ternyata kendalanya
    CRRuntime_32bit_13_0_15 dan ga boleh versi dibawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya bagaimana ? saya tidak mengerti

      Hapus
  13. aplikasi espt dikomputer saya tiba tidak bisa dibuka Ket: Tidak Terdapat Access Database Engine 2007 Pada Komputer Anda" Padahal Selama ini baik2 saja. Baru Kmrn Tepat tgl 10 Jan 2019 muncul seperti itu. dan sudah Install Ms.Access tetap Tida Bisa Di Buka. Mohon Bantuannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba om instal aplikasi ini, mudah"n bisa membantu

      https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=13255&ranMID=24542&ranEAID=TnL5HPStwNw&ranSiteID=TnL5HPStwNw-VLdp04ibP0afpyA5Qnq85A&epi=TnL5HPStwNw-VLdp04ibP0afpyA5Qnq85A&irgwc=1&OCID=AID681541_aff_7593_1243925&tduid=(ir__wtwai30qvgkfr3rexmlij6lydu2xhsse2ueihdtq00)(7593)(1243925)(TnL5HPStwNw-VLdp04ibP0afpyA5Qnq85A)()&irclickid=_wtwai30qvgkfr3rexmlij6lydu2xhsse2ueihdtq00

      Hapus
    2. sudah instal tetap tidak bisa buka.

      Hapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih