Ubah Nama dan Alamat Lawan Transaksi pada Faktur Pengganti

Bila Anda Sudah mengupload FP keluaran , namun harus anda ganti dengan Faktur pajak yang salah dalam pengisian, atau salah dalam penulisan  sehingga tidak memuat keterangan yang lengkap, jelas, dan benar, yang mungkin karena disebabkan NPWP,Nama dan Alamat Lawan Transaksi

Yang harus diperhatikan dalam membuat FP pengganti dengan merubah Nama WP adalah karena kesalah redaksional karena salah ketik dan kesalahan yang tidak menyebabkan Lawan Transaksi sebenarnya tidak berubah.


Misal salah nama PT BAGUS SEKALI, tapi diketik PT BAGS SEKALI dapat menggunakan FP pengganti.

Namun jika terjadi perubahan Lawan Transakasi, maka FP tersebut harus dibatalkan sebagaimana bisa kita lihat di website www.pajak.go.id
fp batal dan fp pengganti pajak.go.id


Untuk mengubah Nama dan Alamat Lawan Transaksi pada Faktur Pengganti dengan eFaktur 1.0.0.431, tidak sulit, berikut ini caranya :

Pilih Baris Faktur yang akan anda ganti, lalu klik tombol Pengganti

  1. image
  2. Klik Lanjutkan, Meskipun pada awalnya data Nama WP,NPWP dan alamat tidak adapat diubah –>
    imageLalu Klkik Simpan

    image
  3. Setelah Tersimpan, Cari Faktur Pengganti yang terbentuk atas Faktur tsb, lalu klik tombol Ubah

    image
  4. Ubah data Nama WP dan Alamat Sesuai yang Kita Inginkanimage
  5. Simpan
  6. Lalu Upload Ulang Faktur

Dengan cara di atas, sebenarnya NPWP juga bisa diubah, namun mengingat keterangan di www.pajak.go.id di atas, maka jika terjadi perubahan NPWP , maka Faktur Tersebut harus dibatalkan

jika Semoga Bermanfaat….

Advertisement

92 Responses to "Ubah Nama dan Alamat Lawan Transaksi pada Faktur Pengganti"

  1. Selamat sore admin,

    Mau nanya, kalau efaktur tersebut sudah dibuat SPT Bulanan tapi ada kesalahan dialamatnya dan saya buat faktur pengganti seperti cara diatas, lalu apakah berpengaruh di laporan SPT Bulanannya atau tidak? Bagaimana solusinya? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. PAsti ada perubahan Bu, silahkan Hapus SPT bulanan yang sudah dibuat, lalu posting ulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah di approv tidak bisa di ganti ya alamatnya mas ? soalnya tidak ada kata ubah

      Hapus
    2. jika SPT sudah dilaporkan dan ada kesalahan alamat juga harus pembetulan SPT kah? Walaupun nominal angkanya sama

      Hapus
  3. Selamat pagi,

    Kami Unit di bawah Dinas di Pemerintah Daerah. Untuk pembayaran pajak dari Pihak Penyedia sudah membuat efaktur dengan NPWP Unit kami. Namun karena prosesnya LS pembayar pajak harus diubah menjadi NPWP Kantor Kas Daerah Provinsi. Pihak penyedia meminta kami membatalkan pesanan dan menerbitkan PO baru dengan pembeli Kantor Kas Daerah Provinsi, yg saya kira tidak bisa dilakukan karena terkait proses pengadaan barang/jasa yang sudah jelas pihak2nya. Mohon penjelasannya, apakah bisa dengan surat keterangan saja mengingat Pembelinya tetap kami dan Kantor Kas Daerah Provinsi hanya sebagai pembayar pajak saja

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak. Tidak masalah. Yang perlu dibatalkan adalah faktur yang diterbitkan pihak penyedia. Lalu buat faktur baru atas nama unit kasda provinsi. Silahkan buat berita acara atau surat keterangan sebagai dokumen pendukung pembatalan faktur tersebut

      Hapus
  4. saya sudah buat penganti tapi tetap tidak bisa di ubah. bagaimana ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lebih jelas tidak bisanya bagaimana? misal kode errornya??

      Hapus
    2. SY BUAT FAKTUR PENGGANTI TAPI TDAK BISA TERAPLOAD DIKOLOM STATUS TULISANNYA REJECT

      Hapus
    3. SY BUAT FAKTUR PENGGANTI TAPI TDAK BISA TERAPLOAD DIKOLOM STATUS TULISANNYA REJECT

      Hapus
  5. Selamat sore Admin,
    Mau tanya, kalau faktur pajak sudah dilaporkan SPT-nya ternyata ada perubahan NPWP pembeli, apakah bisa diubah? Bagaimana caranya ya pak? Mohon bantuannya...Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Sudah Lapor SPT , berikut cara merubahnya :
      1. Batalkan Faktur atas pembeli tersebut
      2. Buat Faktur Baru dengan NPWP pembeli yang baru
      3. Buat SPT pembetulan atas masa SPT yang sudah dilaporkan

      Hapus
    2. Terima kasih ...

      Hapus
    3. Pagi, kalau salah alamat nya bisa dibuat pengganti atau tidak (kalau posisinya sudah lapor) kalau misalnya tidak bisa, gimana ya?

      Hapus
    4. Jika penjual tidak meau merubah no NPWP pembeli maka yang dirugikan siapa ya pak?

      Hapus
  6. siang pak,,, saya mau tanya cara merubah faktur yang sttus nya (di ganti) kembali lagi menjadi normal bagaimna ya pak.. Fp pengganti sudah saya batalkan karna ada kesalahn input, dan saya ga bisa merevisi faktur lagi,..

    mohon solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. FP yang statusnya sudah digangi tidak bisa kembali menjadi normal

      Hapus
  7. Saya salah input lawan transaksi..dan jika saya batalkan no yg sudah saya input gimana ya bu mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dibatalkan no faktur tersebut tidak bisa digunakan lagi Pak, Selain NPWP, data FP bisa diubah dengan FP pengganti

      Hapus
  8. saya ada 2 faktur mau diubah alamatnya.. 1 sudah berhasil,. tp yg ke 2 selalu munculnya ETAX10003 : input ke database tdk berhasil, periksa kembali data yg akan diinput.
    saya sdh coba berbagai koneksi internet.. ga berhasil juga.
    apakah ini berkaitan dgn server efaktur pusat yg bermasalah? atau tanggal2 sgini lagi ada maintenance dll?
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
  9. coba cek lagi referensi barang di FP pengganti, bisanya error ini karena barang tidak ada di referensi. jika belum, Silahkan input terlebih dahulu barang/jasa tersebut di Referensi Barang/Jasa

    BalasHapus
  10. Sore Pak, Saya mau bertanya, bagaimana cara mengubah alamat pkp di e-faktur yang sudah berjalan?
    dikarenakan perusahaan saya ada perubahan alamat.Mohon Penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahaka Ajukan Permohonan perubahan data ke KPP terdaftar, setelah diproses perubahan alamat tsb, silahkan refresh alamat PKP dari menu Management Upload --> Profil PKP

      Hapus
  11. Pak, saya sudah ganti faktur karena ada salah penulisan jumlah. Setelah diganti tetapi masih tetap tidak berubah untuk jumlahnya setelah disimpan. Untuk pengganti hanya satu kali ya? Trs solusinya bgmn lagi? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  12. Pak, saya sudah ganti faktur karena ada salah penulisan jumlah. Setelah diganti tetapi masih tetap tidak berubah untuk jumlahnya setelah disimpan. Untuk pengganti hanya satu kali ya? Trs solusinya bgmn lagi? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  13. Pak, saya sudah ganti faktur karena ada salah penulisan jumlah. Setelah diganti tetapi masih tetap tidak berubah untuk jumlahnya setelah disimpan. Untuk pengganti hanya satu kali ya? Trs solusinya bgmn lagi? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  14. Pak, faktur saya ada kesalahan pada kode pos.. langkah yang saya tempuh yaitu koreksi pada data lawan transaksi.. setelah itu saya buat lagi faktur pengganti.. tapi kode pos tersebut tetap tidak berubah pada detail faktur pengganti tersebut.., mohon pencerahan

    BalasHapus
  15. FAktur pajak yang sudah siap approve apa bisa dibatalkan ? txs

    BalasHapus
  16. saya mau bikin faktur pengganti, setelah klik simpan muncul tulisan ' input data ke database tidak berhasil, periksa kembali data yang akan di input" bagaimana caranya ya? padahal data sudah benar

    BalasHapus
  17. selamat pagi Pak, untuk mengedit alamat lawan transaksi sdh sy ikuti langkah2 diatas, tp stlh masukkan NPWP nya tdk ada menu u/ mengeditnya yah, bagaimana caranya ya Pak ?

    BalasHapus
  18. Help....!
    Saya sudah merekam 1 faktur pajak. Setelah saya teliti yg saya buat kode 010 yang seharusnya 030. Lalu saya mau mengedit/ubah faktur tsb. Salahnya saya, saya malah tekan 'upload' dan 'yes' berakibat status menjadi 'Siap Upload'. Karna status ini menu 'ubah' dibawah menjadi hilang . PERTANYAANYA! Bagaimana saya bisa merubah status tersebut balik ke normal lagi dan mengeditnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi siap Approve tidak bisa diubah lagi. Anda harus mengupload terlebih dahulu. Jika sudah approval Sukses anda bisa membuat FP pengganti dengan kode 031 atau membatalkannya

      Hapus
    2. Pak kasus yang mirip, saya salah input kode 020 padahal seharusnya 010. dan nomor npwp saya isi 00.000.000.0.000.000 . sudah jadi FP sukses lalu sudah buat spt bulan september. sekarang bulan nov baru sadar salah input faktur ketika pembeli telat ambil. jadi apakah langkah saya adalah buat faktur pengganti dari kode 020 sekian menjadi 011 sekian? lalu apakah nomo npwp 00.000.000.0-000.000 boleh saya ubah menjadi nomor npwp sebenarnya yang diberikan pembeli ataukah tetap 00.000.000.0.000.000 ? Dan nama pembeli dari saya tambahkan kata bendahara di depan apakah boleh saya betulkan dengan menghapus kata bendahara ? langkah yang seharusnya bagaimana? Terima kasih Pak.

      Hapus
  19. Faktur pajak pengganti status diganti tp tidak muncul normal pengganti

    BalasHapus
  20. Faktur pajak pengganti status diganti tp tidak muncul normal pengganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda cari lagi pak, dengan FIlter http://www.efakturpajak.com/2015/10/cara-mudah-mencari-data-faktur-dengan.html seharusnya muncul 1 row lagi atas nomor FP tsb dengan status normal pengganti

      Hapus
  21. Dear Pak Adi/Admin. Kami perusahaan jasa, dimana pengkategorian nama barang/jasa jika di detailkan akan berakibat banyaknya jenis barang/jasa sebagai contoh :
    A. Technical Ramp Services terdiri : A-319, A-320, A-330, A-340, B-737, B-747, B- 757, B-767, B-777, B-787. Variannya akan bertambah lagi dikarenakan perbedaan tarif ke tiap customer, lokasi dan kondisi lainnya. Pertanyaannya : Apakah e-Faktur memperkenankan penyederhanan varian jenis barang/jasa ? Contoh : 1 Customer memiliki 3 jenis pesawat A-319, A-320 dan B-777 dan kami melakukan penyerahan jasa kepada ketiganya. Saat penerbitan e-faktur hanya mencantumkan jenis barang/jasa : Technical Ramp Services saja, hal ini terkait dalam Income Statement juga masih secara garis besar menggunakan penamaan tersebut. Sebagai catatan, varian Jenis Barang telah mencapai 450 lebih. Mohon pencerahannya, Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Pak anda boleh sederhanakan, Masalah rincian barang dan jasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.
      Berdasarkan pengalaman kami ada WP yang melakukan penyederhanan varian jenis barang/jasa namun ada juga yang tetap dirinci.

      Sejauh pengetahuan kami tidak ada kewajiban bagi PKP untuk merinci secara detail jenis barang dan jasa pada eFaktur

      Hapus
  22. Selamat sore mas, saya sudah bikin efaktur dan sudah jadi ternyata kodenya salah. Saya lakukan langkah penggantian dari kode 010 ke 030, yang muncul 031... di sini sudah benar ya. Namun saat saya save ada peringatan kapasitas faktur saya tidak mencukupi. Memang itu adalah nomer faktur terakhir yang masih saya miliki. Kenapa ya mas? Harusnya kan penggantian tetap jalan ya karena memakai nomer faktur yang digantikan. Mohon pencerahannya. Terimakasih sekali.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. siang mas, saya sudah minta nomor seri faktur pajak secara online tapi ko cuma 13 digit ya?? bukannya nsfp itu 16 digit.. kemarin yang saya terima 030.16.90047714.. mohon bantuannya... setelah itu bikin fp keluaran'nya melalui efaktur apa manual?saya di minta mengeluarkan fp untuk hadiah yg saya terima.. mohon bantuannya saya masih awam dalam hal perpajakan..salam sejahtera

    BalasHapus
  25. Pak.pada input faktur.pada alamatnya saya kurang penulisan propinsi di lawan transaksi. Padahal status sdh approval. Sy klik untuk pengganti.tp kok ga bisa ditambah penulisan propinsinya. Gimana cara penambahan tulisan propinsi tsb.
    mohon dibalas ya pak.terima kasih

    BalasHapus
  26. Sore,
    Mau tanya, apakah kelengkapan alamat pada e-faktur mempengaruhi untuk proses pengkreditan?
    Misalnya pada alamat yang tercetak, untuk kode pos tidak lengkap.
    Jalur Sutera Boulevard Kav. 45, Tangerang 1
    Seharusnya alamat yang terlampir di NPWP: Jalur Sutera Boulevard Kav. 45,Tangerang 15320

    Terima kasih.

    BalasHapus
  27. Mau nanya pak, kalau referensi faktur salah ketik pada tahun invoice lebih baik diganti atau bagaimana? karena sudah di upload. thx

    BalasHapus
  28. Selamat siang pak,
    mohon bantuanya efaktur: etaxservice-40008, saya melakukan upload beberapa kali hasilnya, masih masih etaxservice-40008,
    terima kasih
    Sugeng

    BalasHapus
  29. mohon sangat, tolong bantuan nya, di npwp lawan transaksi terdapat kesalahan, sedangkan setatusnya siap approve, tolong solusi saya masih awam

    BalasHapus
  30. Mungkin ada rekan2 sekalian yg pernah mengalami, ketika kita memasukan alamat lawat transaksi di rt dan rw. lawan transaksi kita misal 07 di npwpnya ketika kita masukan jadi 007 secara otomatis. ini akan bermasalah tida ya nntinya,,, terimakasih

    BalasHapus
  31. dear admin tolong dibantu, bagaimana jika NPWP lawan transaksi ada perubahan nama NPWP dan si customer minta agar merevisi semua FP nya dgn NPWP yg baru , apakah harus dibatalkan atau diganti saja nama NPWP nya ? dan kalau FP masa pajak 2015 bisa diubah tidak karna ada perubahan nama NPWP WP ? kalau bisa diganti saja sya sudah mengganti lawan transaksi dgn yg baru .

    BalasHapus
  32. Dear admin, mo nanya, apakah faktur PK pengganti kode 011 bisa diganti sekali lg karena ada kesalahan di alamat? Kl tdk bs berarti harus dibatalkan n buat PK baru dgn no baru? Thanks, ditunggu jawaban nya .

    BalasHapus
  33. Saya menginput alamat lawan transaksi tetapi alamat tsb belum lengkap, dan status FP "Approval Succes"..gimana cara menggantinya ya min mohon penjelasannya ?

    terima kasih.

    BalasHapus
  34. pak mau tanya, Saya salah input lawan transaksi di e-faktur, dan jika saya batalkan no yg sudah saya input kira-kira gimana ya mohon penjelasannya

    BalasHapus
  35. Dear Admin, saya salah memasukkan tanggal faktur pajak, yang terinput tgl 24/08/2016 seharusnya tgl 18/08/2016. Bila saya membuat faktur pajak pengganti tidak bisa merubah tanggalnya Error ETAX-20027 : Tanggal faktur pengganti tidak boleh kurang dari Faktur Pajak. Solusinya gimana ya? Apakah faktur pajaknya harus saya batalkan? Bila dibatalkan bagaimana mekanisme pelaporan pajaknya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibantalkan aja mba, ganti dengan faktur pajak baru.nanti di SPT DPP otomatis 0 kok, klo masalah mekanisme pelaporan sebenarnya harus lapor ke kpp terkait faktur pajak batal, hanya di lapangan banyak juga yang tidak lapor dan aman saja mba. toh kita lapor juga nanti di spt ppn

      Hapus
  36. pak, saya mau tanya . kalo misalnya PKP keliru satu huruf dalam penulisan alamat misalnya yang seharusnya JL. Sukarno tapi dia keliru tulis jadi JL. Sukarna , itu bagaimana pak,, saya harus minta faktur pajak pengganti kah ke PKP ? atau tidak apa2 selama nama perusahaan dan no NPWP benar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama itu kesalahan yang tidak krusial, saya rasa anda tidak perlu minta FP pengganti, yang penting NPWP dan nama benar
      tapi untuk FP selanjutnya mintalah client untuk mengganti alamat tsb sesuai yang sebenarnya

      Hapus
  37. siang pak adi (admin)... saya mau tanya, saya sudah buat dan lapor spt tapi setelah dicek lagi nama customer ada salah. kalo mau saya ganti nama customernya apakah ada pengaruh sama spt yg sdh saya laporkan? ato saya harus lapor ulang atas spt pembetulan?

    BalasHapus
  38. Saya mau tanya saya buat faktur pajak 2 yg 1 tgl 1agustus dan yg kedua tgl 9agustus apa bayarnya tetap tgl 31agustus atau bulan bsk mohon pencerahannya

    BalasHapus
  39. Kalo bkin efaktur 2 dgn lawan transaksi yg berbeda apa bayarnya digabung atau dipisah trmksh mohon infonya

    BalasHapus
  40. Saya memasukan nomor seri faktur pajak ternyata di awal tahun saya sudah gunakan faktur tanpa aplikasi e faktur. apakah saya batalkan atau retur ? mohon petunjuk tks

    BalasHapus
  41. Selamat Siang admin.
    saya mau tanya.
    saya sudah buat Pajak Keluaran. tetapi saya salah nama Lawan Transaksi.
    faktur tsb sebaiknya harus dibatal kan atau dibuat pengganti?

    saya sudah coba hubungi kring pajak. tetapi selalu sibuk.
    saya sempat cari digoogle caranya.
    dan ada solusinya tetapi belum saya coba karna saya kurang yaakin.
    cara seperti ini.
    dibuat pengganti, tapi tdk bisa diganti lawan transaksi nya.
    tetep dibuat. setelah dibuat disimpan.
    lalu di ubah. nah baru disitu bisa diganti Lawa Transaksinya.
    Apakah Boleh seperti itu? atau nanti akan ada Problem di si Lawan Transaksi yang saya buat penggantinya?
    mohon pencerahan secepatnya, Help Me :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok gtu gan, coba aja

      Hapus
    2. Bu fani terus gimana ya? apakah bisa di upload saya sudah coba dan tidak bisa diupload malah di reject dengan Etaxservice - 20027

      Hapus
  42. Selamat Pagi Pak, perusahaan sy baru berganti alamat di NPWP (tetapi KPP masih sama tidak berubah). Sy mau membuat FP keluaran koq tidak keluar ya pak, walaupun sudah sy perbaharui tampilan nya. Apakah karena perubahan alamat tersebut? atau hanya setting nya? jika harus resetting, dibagian mana yang harus disetting ulang Pak. Terima kasih banyak bantuannya. Salam. Janto

    BalasHapus
  43. Admin, SPT PPN Masa Agustus sudah saya lapor. Saat ini di bulan Oktober ada client yg minta di ganti namanya (NPWP tetap) untuk f. pajak bulan agustus tersebut.
    Prosedur apa yg harus saya lakukan ya??
    1. saya buat faktur pajak pengganti ya??
    2. terus karena nilainya sama, apa saya harus buat SPT lagi? dan lapor ke kpp lagi SPT tersebut??
    3. Jika membuat SPT lagi, apa SPT lama di hapus lalu posting ulang? atau buat SPT Pembetulan ke-1 ?

    Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  44. siang pak mau tanya, jika saya sudah upload faktur sebelumnya walaupun belum laporan, tetapi setelah saya buat fp pengganti kenapa nama, nomor npwp dan alamat tidak bisa diganti ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan : jika memang dari awal sudah salah memasukkan nama dan NPWP apakah bisa diganti dengan faktur penganti?

      Hapus
    2. Memang awalnya tidak bisa diubah gan,
      Pilih Faktur yg akn diubah dlu,buat Fpnya,lalu klik Lanjutkan dan simpan,setelah itu buka lgi Faktur pngggantinya(jgn diaplod dlu),klik ubah otomatis,dapat diubah kok NPWP,alamat,dan namanya.

      Hapus
    3. Tetapi bu maria, setelah mengikuti intruksi ibu, ketika mau diupload kembali malah direject karena meminta NPWP yang sama seperti sebelumnya (padahal yang sebelumnya salah)

      Hapus
    4. apakah cara diatas berlaku juga apabila nama perusahaan dan NPWP berbeda, misal di upload awal PT A. npwp 17123456789 ternyata klien minta di PT B. npwp 18123456789. bisa nggak diubah nama dan Npwpnya, tetapi tanggal penggantian boleh sesuai sekarang. saya nyoba di tolak juga.
      terimakasih. siska

      Hapus
  45. Saya ingin tanyaa..saya seharusnya memiliki tagihan itu di bulan oktober,namum saya baru mendapatkan no seri di bulan november saya ingin tanya apakah bisa di tgl dokumen faktur dan masa pajak itu untuk bulam oktober..namun saya sudah terlanjur memasukan tgl dan masa pajak bulan november..itu bagaimana yaa..apakah masih bisa diganti atau harus dibatalkann..tolong pencerahnyaa..

    BalasHapus
  46. misi pk,mohon pencerahan..saya sdh ikuti langkahnya,tpi begitu saya klik faktur pengganti gk ada menu ubah..?apa ada yg salah dgn program e faktur saya?

    BalasHapus
  47. pak, saya mau tanya.

    kita ada terjadi pada saat uplaoad data efaktur tiba" nama pkp nya berubah,contoh : PT.AFA INDO jd PT.SINCHAN , saya harus minta faktur pajak pengganti kah ke PKP ? atau tidak apa2 selama no NPWP benar ?

    BalasHapus
  48. saya ingin tanya .. cara merubah masa pajak difaktur pengganti bagaimana yaa ??
    karena difaktur pengganti masa pajaknya bulan september sedangkan saya ingin masa pajaknya bulan oktober karena invoice dan faktur pajaknya sudah dikirim ke client dan sudah ada transaksi .. solusinya bagaimana ya ??
    terimakasih

    BalasHapus
  49. Pak saya mau nanya, jika salah membuat lawan transaksi dan sadarnya ketika telah lewat tgl faktur nya bagaimana pak? Fp yg salah td di batalkan dan dibuat fp baru, tetapi bagaimana dgn tgl transaksi nya pak? Sedangkan transaksi sesudahnya telah dibuatkan fp nya, bagaimana solusinya pak? Mohon bantuannya pak terimakasih

    BalasHapus
  50. pagi pak
    pak saya mau tanya saya kan ada penjualan di oktober tapi saya lupa buat faktur pajak nya
    sementara penjualan oktober itu udah di lapor ke pajak
    saya mau buat fp di desember
    itu gimana solusi nya ya pak
    terimakasih

    BalasHapus
  51. Selamat sore admin, mau nanya, kan saya mau mengubah npwp lawan transaksi.. terus sudah selesai sudah di upload tapi tidak ada perubahan untuk di jadikan PDF.. terima kasih

    BalasHapus
  52. Selamat sore admin, mau nanya, kan saya mau mengubah npwp lawan transaksi.. terus sudah selesai sudah di upload tapi tidak ada perubahan untuk di jadikan PDF.. terima kasih

    BalasHapus
  53. Selamat pagi,

    Mohon bantuan nya rekan rekan, kebetulan saya baru dalam perihal Tax, apakah ada solusi untuk Faktur pajak ( misal ) masa november 2016, terjadi salah dalam pembuatan faktur pajak yaitu NPWP lawan transaksi salah input, posisi sudah lapor.

    Yang ingin saya tanyakan :
    bagaimana cara merubah Faktur pajak tersebut sesuao dengam NPWP dan alamat lawan trk yang benar? apakah melaui pembetulan?

    saya membuat faktur pajak pengganti namun tidak bisa di upload dengan keterangan ETaX service 2027.

    mohon bantuannya rekan rekan😥😥😥

    BalasHapus
  54. sore pak,
    mau tanya,saya ada buat efaktur dan sudah dibuat SPT Bulanan tapi terdapat kesalahan pada nama penerima nya Bagaimana solusinya? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  55. Slmat siang pak..
    saya salah memasukkan tanggal faktur pajak, yang terinput tgl 15/10/2016 dari fp pengganti sebelumnya tertanggal 15/12/2016. namun saat saya membuat faktur pajak pengganti tidak bisa merubah tanggalnya Error ETAX-20027 : Tanggal faktur pengganti tidak boleh kurang dari Faktur Pajak. terus sy ubah menjadi tgl 21/12/2016 namun ttp muncul kode eror yang sama. Solusinya gimana ya pak ? Apakah faktur pajaknya harus saya batalkan? Bila dibatalkan bagaimana mekanisme pelaporan pajaknya? Terima kasih

    mohon bantuannya

    BalasHapus
  56. saya ingin bertanya
    jika faktur pajak sudah di upload lalu mau mengubah alamatnya saja apakah akan berubah juga tfl. lalu bagaimana caranya jika hanya alamat yang diubah

    BalasHapus
  57. Selamat siang....
    pak saya mau menanyakan saya membuat faktur untuk masa april dan ternyata terjadi kesalahan dengan nominalnya dan sya ganti menjadi faktur pengganti tetapi ternyta faktur pengganti tersebut salah lagi pada bulan mei dan akhirnya saya batalkan pertanyaan saya kan harus merakam faktur lagi dengan no faktur yang beda karna faktur yang dibatalkan tdk dpat dipake lagi akan tetapi utk masa pajaknya saya buat bulan april apa mei ya pak sedangkan transaksi itu terjadi pada bulan april tetapi untuk masalah uangnya masih belum terbayar pak, terima kasih

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. selamat siang min,
    untuk faktur baru atas faktur lama yang dibatalkan, masa pajak dan tanggal fakturnya sesuai yang lama atau sesuai tanggal sekarang/pembuatan faktur baru?
    matursuwun

    BalasHapus
  60. min mau tanya, kalo merubah NSFP apakah bisa yang tadi 010 menjadi 020? caranya bagaimana ya min, tolong dibantu. makasih

    BalasHapus
  61. I pay a quick visit each day a few sites and websites to read posts, however this weblog provides feature based articles. yahoo email login

    BalasHapus
  62. Selamat sore.

    Saya mau nanya, di perusahaan saya dari tahun 2015 melakukan transaksi ke perusahaan A. Ternyata di Faktur Pajaknya salah no. NPWP dari tahun 2015 dan baru diketahui pada tahun 2018 karna ada kesalahan input. Bagaimana yaa solusinya utk perusahaan saya dan perusahaan A? Tolong bantu jawab yaa, saya baru mengenal pajak.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  63. Kalau faktur pajak pengganti trs diganti lagi bisa atau tidak min??

    BalasHapus
  64. siang min,
    saya mau tanya, perusahaan saya kan mau pindah alamat dan juga pindah kpp. otomatis no npwpnya berubah juga dong untuk kode kpp nya. nah kalau sudah begitu, apa nanti setelah dapat npwp baru semisalnya ada retur barang kedepannya. saya bisa retur atau ga ?? sedangkan faktur yg diretur itu kan menggunakan no npwp yang lama. terima kasih..

    BalasHapus
  65. Pagi pak,
    saya mau tanya, saya kan mau bikin FPK buat tanggal 27/08/2019...tetapi laporan sptnya masa sekarang bulan 03 2019...trus pas di lanjutkan ...gak bisa Etak masa faktur tdk sesuai dgn format tanggal...gimana saranya ya pak...? terimaksih,

    BalasHapus
  66. Siang min. Mau tanya. Kalau kita sudah input pajak masukan trus statusnya sudah sukses. Lalu tiba tiba ada perubahan alamat di pajak masukan itu. Kita harus gimana ya..
    Mohon jawabannya

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih