inilah 4 hal penyebab Faktur Pajak Reject saat diupload dengan eFaktur

eFaktur dengan status reject bisa jadi karena berbagai hal, namun pada umumnya disebabkan oleh 4 hal berikut :

efaktur-error

1.  WP bukan PKP (penjual/pembeli)

untuk kasus ini biasanya kode errornya  adalah ETAXSERVICE-20015 : NPWP Lawan Transaksi tidak ditemukan.

NPWP lawan transaksi tidak ditemukan dalam database masterfile DJP atau merupakan NPWP NE/ NPWP telah dicabut. Lalu apa yang harus dilakukan jika mengalami kasus seperti ini ?

yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

  •  Melakukan konfirmasi kepada pembeli atas NPWP yg bersangkutan.
  • Dalam hal tidak akan melakukan pengkreditan maka dapat menggunakan NPWP 00.000.000.0-000.000.
  • Dalam PKP pembeli akan mengkreditkan faktur pajak tersebut maka disarankan untuk mengaktifkan NPWP-nya terlebih dahulu.

2.  NPWP tidak valid (bisa jadi NPWP lawan transaksi statusnya tidak aktif atau beda kode KPP)

3.  Nomor faktur tidak sesuai jatah

4.  Tanggal faktur mendahului tanggal surat jatah NSFP (SE-26)

sedangkan solusi un tuk nomor 2,3 dan 4 adalah dengan mengecek kembali dan mengkoreksi apakah NPWP yang anda masukkan sudah benar, Nomor faktur sesuai jatah dan tanggal faktur tidak mendahului tanggal Surat jatah Nomor Seri Faktur

Advertisement

81 Responses to "inilah 4 hal penyebab Faktur Pajak Reject saat diupload dengan eFaktur"

  1. selamat malam,

    sy mau bertanya, sy membuat faktur pajak keluaran dan ketika di upload selalu reject terus padahal NPWP sudah benar no faktur pajak juga sudah benar??mohon penjelasan apa yg harus dilakukan..terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lebih jelas bagaimana errornya? misal keterangan dan kode errornya apa?

      Hapus
    2. Punya saya juga begitu statusnya rejeck tanpa ada keterangan apa apa,,kalau pajak masukan semua statusnya sukses....
      bagaimana solusinya ya pak,,bahkan saya sudah juga bikin fatur keluaran untuk yg tidak pakai npwp tetapi statusnya juga rejeck...

      Hapus
    3. kasus yg sama... tlg share yg sdh nemu solusinya donk....

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. cara nya , masukkan ulang sertifikat digital, dari referensi - sertifikat digital,

      lalu restart PC anda, dan masuk kembali ke E-faktur,
      setelah itu upload ulang

      Hapus
  2. Selamat pagi.. faktur pajak masukan saya di reject dengan keterangan E-TAX SERVICES 10003:Tidak dapat mengambil data.
    Faktur pajak masukan tersebut memang faktur pajak sebelum efaktur. tapi atas faktur pajak yg lain (WP dan tanggal yg sama) sukses di upload tp kenapa ini ada yg di reject ya??
    kita juga sudah beberapa kali upload ulang. tapi masih reject
    Tolong solusinya
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Selamat malam , saya mau bertanya, bagaimana solusi jika faktur pengganti yang kita buat masih salah yaitu salah tanggal , apakah bisa kita batalkan faktur pengganti dan buat lagi faktur pengganti dengan nomor yang sama , untuk faktur pajak sebelumnya belum saya laporkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa buat pengganti atas FP pengganti yang salah tsb, nomornya tetap misalnya Normal 010, pengganti 011, maka pengganti selanjutnya juga tetap 011, jika anda batalkan nomor yang sudah dibatalkan tidak bisa dipakai lagi

      Hapus
  4. selamat pagi, bisa bantu saya? barusan saya appload faktur. tapi di reject dengan keterangan ETAXSERVICE-20021-Upload Faktur Corup,Ulang kembali.
    sudah saya ulag tapi tetap di reject.
    Apa ada solusinya?

    BalasHapus
  5. maaf saya mau bertanya apa faktur pajak yang tanggal fakturnya mendahului tanggal surat jatah NSFP yag sudah dilaporkan itu bisa direvisi faktur pengganti...? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dg fp pengganti

      Hapus
    2. Harus fp tersebut ga bisa di upload di efaktur, fp tersebut klo sudah terlanjur di upload ada reject sendiri, nah klo sudah reject statusnya tinggal kita ubah tanggalnya

      Hapus
    3. Mas, kalau misalnya kita buat fp pengganti namun fp pengganti nya tanggalny mendahului tgl fp aslinya jadi rejected. nah setelah itu dicoba lagi diganti tanggal hari ini.namun masih ttp rejected.solusinya cemana y?.apa kita bisa lagi di fp tersebut dibuat fp pengganti atau batal y. trims

      Hapus
  6. maaf saya mau bertanya ketika saya mengupload fp pengganti statusnya selalu reject ETAXSERVICE-20001: Nomor Faktur tidak ditemukan. Mengapa seperti itu ya dan bagaimana solluisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan telepon Kring Pajak 1500200 atau Hubungi KPP terdaftar, itu disebabkan kesalahan sistem DJP yang mengganggap FP normal belum ada, padahal status Aprroval sudah sukses. Pengalaman saya setelah telepon 1500200 atau hubungi KPP, setelah telepon 1 jam kemudian pembetulan bisa dilakukan

      Hapus
    2. Selamat siang, sama dengan kasus diatas, saya input faktur masukan status Normal, tapi muncul reject ETAXSERVICE-20001: Nomor Faktur tidak ditemukan. Mengapa seperti itu ya dan bagaimana solluisnya?

      Hapus
  7. pak faktur saya selalu reject masalahnya karena tanggal faktur lebih kecil dari tanggal seri faktur, sementara nomor seri faktur yang lama sudah habis, nah bagaimana cara mengatasinya pak? dan ini juga sudha meminta nomor seri yang baru, tapi lewat dari masa pajak yang akan saya laporkan

    BalasHapus
  8. Faktur pajak saya di reject tanpa keterangan... ada yg bisa bantu knp seperti ini ? khusus 1 customer saja.. npwp msh valid dll msh valid..

    BalasHapus
  9. e faktur pajak saya saat upload statusnya reject keterangannya ETAXSERVICE-20025 : tanggal faktur tidak valid. padahal saya buat berdasarkan tanggal terbitnya faktur. mohon penjelasannya. thanks.

    BalasHapus
  10. Halo selamat malam, FP bulan JULI yg spt ppn yg saya buat telah dilapor ternyata salah nama dan npwp. Dibulan NOV ini terlanjur sy buat FP pengganti, hasilnya reject.

    bagaimana jika FP tsb sekarang sy batalkan, bagaimana caranya sedangkan saya sdh terlanjur memilih "pengganti"?

    Bagaimana membuat spt pembetulan masa juli ?

    BalasHapus
  11. Selamat pagi, saya mau tanya nih.. di data pajak keluaran kan saya cuman entry 1 faktur, tetapi setelah di posting, ada yang muncul 2 faktur.. setelah saya cek lagi di pajak keluaran, cuman ada 1 record.. jadi saya bingung, recordnya cuman 1 kok munculnya bisa 2 faktur.. kayaknya sih yang satu faktur dulu pernah dientry, tapi faktur tersebut sudah dihapus.. nah kok bisa jumlahnya muncul setelah di posting, gimana ya caranya untuk menghapus faktur yang tidak terpakai tersebut, sementara di record pajak keluaran itu faktur tidak ada.. makasih..

    BalasHapus
  12. sy mau bertanya, sy membuat faktur pajak keluaran dan ketika di upload selalu reject terus padahal NPWP sudah benar no faktur pajak juga sudah benar??mohon penjelasan apa yg harus dilakukan..terima kasih sebelumnya. Keterangan pesan yg di tampilkan seperti ini:tanda bindang itu sengaja untuk menutupi angka.

    Nomor Faktur: 010.004-15.******* DPP: ****** PPN: ******* PPnBM: 0 com.ctc.wstx.exc.WstxIOException: Invalid white space character (0x1) in text to output (in xml 1.1, could output as a character entity)

    BalasHapus
  13. Kalau keterangan reject nya ETAXSERVICE-40004: Service Masterfile Eror. Lakukan Upload Ulang. Namun suday saya coba berulang kali tetep reject. Bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
  14. reject terus...
    ETAXSERVICE-40004: Service Masterfile Eror. Lakukan Upload Ulang.
    sudah diulang-ulang upload tetap begitu. ;(

    BalasHapus
  15. Siang ADMIN, hari ini saya mau mengupload faktur pajak keluaran tetapi tidak bisa. Muncul message box dengan keterangan:
    ETAX-40001: Tidak dapat menjawab E-TaxInvoiceServer. XML reader error.com.ctc.wstx.exe.WstxEOFException: Unexpected EOF in prolog at [row,col,system-id]: [1,0,"http://svc.efaktur.pajak.go.id/wsdl/MasterFakturService.wsdl"]
    Maksudnya apa ya? Apakah memang ada masalah dengan server pusat atau ada kesalahan di pihak kita? Ditunggu jawabannya. Terima kasih Admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira cuma saya aja yang mengalami masalah seperti itu... Sudah 4 hari error seperti ini. Kalau sudah ketemu solusinya bagi-bagi ya ...

      Hapus
    2. Beberapa hari yang lalu sudah saya email kebagian pengaduan, hari ini dapat kabar katanya harus di email ke tim efaktur. Jadi sudah saya email ulang. Moga2 dalam waktu dekat ini ada kabar. Nanti akan saya update kabarnya

      Hapus
    3. Ini jawaban yang saya terima dari tim efaktur:
      Mohon informasikan Internet Server Provider yang saudara gunakan untuk mengupload faktur.

      Dari permasalahan yang tim efaktur terima, error tersebut terjadi karena ada masalah di sisi Internet Service Provider (ISP) yang anda gunakan. Silahkan hubungi pengelola ISP atau gunakan jaringan internet lain untuk mengupload faktur.​


      Best Regards,
      Tim eFaktur

      Hapus
  16. Mau tanya nih, setelah sebelumnya gagal update dan akhirnya berhasil. Saat mau upload faktur, awalnya tidak bisa terkoneksi server, sampai akhirnya berhasil. Anehnya, saya tidak diminta captcha dan kode aktivasi. Alhasil, faktur reject. Padahal NPWP lawan tiap bulan kita pakai itu dan tidak ada masalah. No dan tanggal faktur juga sesuai. Nasib... nasib...

    BalasHapus
  17. dari pagi sampai detik ini tgl 15 Maret jam 18.00 saat mau upload gagal terus etax 40001. mungkin teman2 ada yg sama dengan kasus saya? apakah dari DJP memang lagi gangguan servernya?
    Yang sebelumnya downlod update sukses, sekarang gantian upload gagal terus. mohon sarannya. tks

    BalasHapus
  18. klo reject pesannya etaxsevice-20021:upluad faktur corrupt.ulang kembali sudah tak ulang berkali2 tetep, padahal saya buat fakturnya manual bukan dari import gimana solusinya. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan coba ikuti cara ini http://www.efakturpajak.com/2015/08/solusi-error-etaxservice-20021-upload.html

      Hapus
    2. admin, masalahnya buat fakturnya manual, bukan pake notepad.

      Hapus
  19. saya sudah input paktur pajak masukan dan sdh saya upload...tapi ternyata begitu saya lihat di daftar faktur pajak masukan ternyata upload gagal dengan kalima etax service 200020 ..ternyata penyebabnya saya salah dalam input npwpnya (sekaligus nama PKPnya)..yg jd pertanyaan ..gmn cara utk membetulkan nya..krn no faktur dan npwp yg saya masukan salah smntara sdh saya up load..mohon solusinya..trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk PM yang riject masih bisa diubah kok datanya. atau kalau bingung silahkan hapus saja, lalu input lagi

      Hapus
  20. helppp Ortax ada error sbb:
    com.ctc.wstx.exc.WstxIOException: Invalid white space character (0x14) in text to output (in xml 1.1, could output as a character entity)

    mohon bantuannyaa... saya mau upload selalu ke reject. kenapa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa masalhnya karena ada character non UTF8, bapak pakai cara impor ya?
      coba pakai solusi yang ini http://www.efakturpajak.com/2015/08/solusi-error-etaxservice-20021-upload.html

      Hapus
  21. Selamat siang.. faktur pajak masukan saya di reject dengan keterangan E-TAX SERVICES 20008:Nomor Faktur sudah digunakan. Faktur pajak sebelumnya juga seperti itu tp setelah di ubah dan di upload berhasil , itu kenapa ya ??
    Tolong solusinya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan info yang kami terima dari Kantor Pajak, Sistem DJP sedang down dan dalam masa Perbaikan. Semoga cepet beres ya :)

      Hapus
    2. Saya mengalami hal yang sama. Status Approval reject trus dengan keterangan no faktur sudah digunakan. Ada solusi buat masalah seperti ini.

      Hapus
  22. Pajak masukan saya reject dengan pesan ETAX SERVICE-40008...SUDAH DIUPLOAD ULANG TETP GA BISA..MOHON SOLUSI YA?????TKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan info yang kami terima dari Kantor Pajak, Sistem DJP sedang down dan dalam masa Perbaikan. Semoga cepet beres ya :)

      Hapus
  23. selamat siang, saya mau tanya sudah 5 hari faktur pajak keluaran saya di reject.. tetapi di keterangannya kosong... sudah saya upload terus tapi tetp reject, sedangkan di faktur pajak pemasukan bisa sukses.. Mohon solusinya Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda sudah coba dengan koneksi internet lain?

      Hapus
  24. Siang agan, mau tanya ketika dB dan Backup terjadi perbedaan pada 2 tempat 1 laptop 1 PC, ketika upgrade E-Faktur berhasil, dimana di laptop transaksi s.d 14 maret 2016 dan di PC s.d 30 maret 2016, ada 2 Faktur Pajak yang reject, sedang di laptop 2 faktur tsb tidak reject.
    Gimana caranya agar yg reject, tidak muncul dan terkoreksi sesuai data pada laptop. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. faktur yang sama tidak bisa diupload 2 kali pak. kalau mau datanya sama anda hapus saja faktur yang reject, lalu expor impor data faktur dari pc yang tidak reject, atau anda pindahkan saja db yang tidak riject ke pc yang riject tsb

      Hapus
  25. malam... Gimana kalou Faktur Tahun 2015 saya Upload Tahun 2016.
    mohon solusinya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya tidak masalah selama NSF jatah tahun 2015 dan tanggalnya 2015

      Hapus
  26. saya mau nanya ni... ppn tahun 2011 akan direncanakan pembetulan 2016,sementara data espt ppn 2011 udah terhapus untuk hardcopy masih ada... nah bagaimana dengan nomor faktur pajaknya di efaktur? kan itu mundur... apakah menggunakan nomor urut tahun lama yang bisa kita buat sendiri? atau kita minta nsfp sekarang,? malah mundur jadi tanggalnya?
    mohon jawan ke email yantofbs@gmail.com terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk spt sebelum berlaku efaktur (juli 2015 untuk pulau jawa), jiks pembetulan pembetulan tidak pakai efaktur, tapi menggunakan ESPT. Ya anda harus inlut ulang data faktur dari fisik spt ke espt, lalu anda buat pembetulan nya

      Hapus
    2. Untuk spt sebelum berlaku efaktur (juli 2015 untuk pulau jawa), jiks pembetulan pembetulan tidak pakai efaktur, tapi menggunakan ESPT. Ya anda harus inlut ulang data faktur dari fisik spt ke espt, lalu anda buat pembetulan nya

      Hapus
  27. selamat pagi mas Adi..
    saya ingin bertanya seputar e-faktur..

    apakah memungkinkan saya melakukan upload faktur keluaran 1 bulan lebih cepat?

    Contoh kasus:
    saya ingin melakukan upload faktur keluaran untuk bulan juli pada bulan juni?
    dimana saya telah mendapatkan NSFP untuk 1 tahun..

    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  28. apakah masih belum benar sistim upload nya,,? saya mengalami hal seperti keluhan di atas,,reject terus,sudah saya coba dari pagi sampai sekarang belum bisa juga.

    BalasHapus
  29. APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA TANGGAL FAKTUR LEBIH KECIL DARI TANGGAL NOMOR SERI FAKTUR PAJAK??

    BalasHapus
  30. kalau faktur keluaran di riject karena npwp tidak ditemukan (atau tidak terdaftar) padahal sudah ditanyakan kepada lawan transaksi yg terkain bahwa npwp lawan transaksi masih valid dan terdaftar bgmn solusinya?

    BalasHapus
  31. kalau faktur keluaran di riject karena npwp tidak ditemukan (atau tidak terdaftar) padahal sudah ditanyakan kepada lawan transaksi yg terkain bahwa npwp lawan transaksi masih valid dan terdaftar bgmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman saya, coba hapus faktur tersebut lalu input atau import ulang kemudian diupload kembali...

      Hapus
  32. selamatsiang, pak. Saya ada salah memasukan nominal di kolom PPN nota retur, karena saya memakai system import sehingga kecolongan nota retur ini, nilai DPP = nilai PPN. Status Nota Retur sudah retur faktur sukses, bagai cara saya membetulkan nominal yg salah ini pak? apakah nota retur bisa dibatalkan? mohon pencerahannya, terimakasih

    BalasHapus
  33. selamatsiang, pak. Saya ada salah memasukan nominal di kolom PPN nota retur, karena saya memakai system import sehingga kecolongan nota retur ini, nilai DPP = nilai PPN. Status Nota Retur sudah retur faktur sukses, bagai cara saya membetulkan nominal yg salah ini pak? apakah nota retur bisa dibatalkan? mohon pencerahannya, terimakasih

    BalasHapus
  34. faktur keluaran setelah saya upload status reject dan keterangan ETAXSERVICE-20008 nomor faktur sudah digunakan,mohon bantuannya bagaimana cara saya untuk melihat faktur yang sudah digunakan tersebut..mohon pencerahannya..trims

    BalasHapus
  35. selamat sore, bisa bantu saya? barusan saya appload note return. tapi di reject dengan keterangan efaktur belum terdaftar di djp .
    sudah saya ulang tapi tetap di reject.
    Apa ada solusinya?

    BalasHapus
  36. bagaimana solusinya jika pembetulan di bulan 8 dengan nomer seri faktur baru, meinta nomer seri fakturnya minta bulan 10 ini ?

    BalasHapus
  37. Kalau di ane salah satunya solusi coba upload ulang file cerficatenya

    BalasHapus
  38. mohon kami dibantu & diberi solusi
    kebetulan beberapa bulan lalu saya mengerjakan e faktur dalam flashdisk, selang beberapa hari saya buka flashdisk tersebut karena saya akan mengerjakan beberapa e faktur lagi. tapi ternyata etaxinvoice tidak dapat dibuka & datanya hilang semua.saya fikir databasenya yang hilang... saya masih punya copy.annya di komputer. yang tersimpan sampai bulan september 2016. lalu bagaimana caranya saya bisa mengembalikan data pajak keluaran & masukan bulan oktober sampai dengan desember 2016 tersebut yang hilang. saya sudah pernah mencoba untuk memasukkan kembali data2 tersebut dan menguploadnya kembali, namun ternyata ETAXSERVICE-2008. kami tunggu solusinya terimakasih

    Salam
    Aprilia

    BalasHapus
  39. Bagaimana solusinya jika faktur pajak setelah diupload, ternyata direject karean tanggal terlalu kecil dr tanggal.jatah nomor seri faktur pajak, sementara tdk ada option utk ubah, atau hapus. Saya coba buat lagi, tapi disebutkan nomor faktur pajak sdh digunakan, padahal sy blm sampai prosed csv, mohon solusinya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan yang serupa. Apakah ada solusi jika tanggal Faktur Pajak lebih kecil dari tanggal Nomor Seri Faktur? Apakah tanggal yg di komputernya di ubah mundur? Atau tanggal dan bulan di komputer di samakn dengan NSFP di terbitkan?

      Hapus
  40. maaf saya mau tanya kenapa saya upload SF selau error ETAXSERVIS 40008 SERVIS ERROR SILAKAN UPLOAD ULANG,sudah berapa kali saya lakukan masi tetap begitu,,mohon pencerahanya

    BalasHapus
  41. Mohon bantuannya ..
    saya mau tanya gimana cara membuat faktur pengganti retur yang status returnya masih reject,,
    terimakasih

    BalasHapus
  42. saya mau tanya kenapa 2 minggu ini faktur saya tidak bisa upload sampai Approval, setiap sudah klik upload dan jumlah faktur yang saya upload selalu berubah menjadi nol, dan ETAX-40002 : Error disrvice tidak dapat melakukan koneksi service. mohon bantuannya, karna sebelumnya saya tidak dapat kendala seperti ini. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sertifikat elektroknik efakturnya sudah diperbaharui belum? Kalau belum lebih baik diperbaharui dulu. Caranya sama seperti pertama kali kita mengajukan sertifikat elektronik.

      Hapus
  43. Selamat pagi Bu,faktur pajak saya reject dengan keterangan blank, namun di kolom log ada keterangan sbb : com.ctc.wstx.exc.WstxIOException: Invalid white space character (0x2) in text to output (in xml 1.1, could output as a character entity)
    Mohon infonya ini kenapa ya Bu? Terimakasih

    BalasHapus
  44. hai,
    mau tanya donk kenapa Faktur Pajak keluaran di reject dengan keterangan "signature Faktur pajak tidak valid" bisa di info solusinya / penyebabnya ?

    BalasHapus
  45. saya ingin bertanya kenapa ketika saya menginput SSP dan menyimpan nya kenapa selalu saja ETAX-60011 dan ETAXSERVICE-40008, mohon di beri solusi.

    BalasHapus
  46. Mohon bantuannya..
    saya mau bertanya jika saya upload Faktur Pajak Keluaran selalu reject dengan keterangan " ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrup, lakukan upload ulang", apa penyebabnya dan mohon solusinya.. terima kasih

    BalasHapus
  47. selamat sore,mohon pencerahan nya
    saya upload pajak keluaran dengan cara impor csv,namun pada baris tertentu selalu muncul "ETAX EROR 30005-HARGA SATUAN SALAH" setelah saya cek pada baris yg di maksud ternyata nilai nya berbeda dengan eror yg disebutkan pada efaktur,sudah diperbaiki tapi tetap muncul,apa yg harus saya perbuat terimkasih ...

    BalasHapus
  48. selamat siang, saya sudah upload faktur pajak keluaran dan status nya sudah "siap approval" namun stelah saya upload di management upload, kenapa status nya tetap "siap approval", tidak berubah menjadi "approval sukses?? mohon pencerahan

    BalasHapus
  49. Selamat siang, kenapa faktur saya di reject dan keterangannya "could not send message" bagaimana ya cara mengatasinya. mohon dibantu ya

    BalasHapus
  50. selamat siang , saya mau tanya faktur pajak keluaran saya waktu auploud ket reject dan keterangannya "could not send message" bagai mana solusinya ya

    BalasHapus
  51. Selamat Siang Faktur Pajak keluaran saya di Reject etaxservice-40008 : service error.ketika coba upload ulang tetap sama saja di reject. mohon solusinya.terima kasih

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih