Efaktur : Upload faktur pajak keluaran kok lama?

Ada seorang rekan yang datang kepada saya dengan membawa laptop.  Rekan tersebut bertanya mengapa sudah klik tombol upload tapi kok status approvalnya masih siap approve saja? Katanya saya sudah nunggu berjam jam. Tapi kok statusnya tidak berubah.

Baik rekan rekan,  berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang upload faktur pajak pada aplikasi Efaktur.

1. Setelah anda klik tombol upload, faktur tidak akan langsung diupload ke server pajak. Tapi hanya akan berubah statusnya menjadi siap approve.
2. Anda menjalankan uploader untuk mengupload semua faktur pajak yang statusnya siap approve tersebut.

3. Uploader ini memiliki masa hidup 6 jam dari idle, dalam arti jika tidak ada faktur yang diupload maka service Uploader ini akan berhenti dan anda harus menjalankan lagi dari menu manajemen Upload.

Jadi anda tidak perlu menghidupkan Uploader jika service nya masih berjalan.

4. Setelah Uploader sukses mengirimkan data faktur ke server pajak, anda harus mengklik tombol perbarui tampilan di bagian kanan atas administrasi faktur.

Step inilah yang sering terlupa oleh rekan lainnya. Aplikasi Efaktur tidak refresh otomatis status approval faktur pajak. Jadi anda harus klik tombol perbarui tampilan

Selain itu kecepatan Upload juga dipengaruhi kecepatan Internet anda serta sibuk tidaknya server pajak. Dalam kondisi normal Upload satu faktur pajak hingga memperoleh status approval hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik. 
Jadi jika sudah berjam jam belum berubah status approvalnya, coba cek 4 hal diatas

Advertisement

38 Responses to "Efaktur : Upload faktur pajak keluaran kok lama? "

  1. SANGAT2 MEMBANTU. Terima kasih banyak, Min... ;)

    BalasHapus
  2. kenapa Uploder sering terhenti jika menggunakan speedy ? sementara jika menggunakan GSM tidak ? sangat menyulitkan karena faktur yang akan diupload ada Ribuan. sekalipun diupload pada saat bukan jam sibuk

    BalasHapus
  3. kenapa uploader tidak berjalan status padahal sudah "siap approve" ketika klik manajemen upload dan klik start upload hanya loading dan sudah satu jam lebih masih loading, status internet lancar, bisa dijelaskan?

    BalasHapus
  4. kenapa uploader selalu berhenti saat klik perbarui padahal koneksi internet kencang.bisa dibantu?

    BalasHapus
  5. Mau tanya:
    Saya sudah mendapatkan nomor seri faktur pajak thn 2016. Gimana cara menggunakan nsfp tersebut, saya mencoba menggunakan nsfp 2016 tetapi yang selalu muncul sisa faktur dari 2015. Apakah faktur thn 2015 harus dihapus dulu atau bagaimana?
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan klik pada referensi no faktur yang masih tersisa tahun 2015, klik tombol hapus.
      Maka sisa faktur 2015 yang belum terpakai akan terhapus meskipun ada warning gagal hapus.
      Selanjutnya sistem akan otomatis mengambil jatah faktur 2016

      Hapus
  6. Kenapa waktu di kantor mau melakukan upload muncul Error E-TAX-40001 ,akan tetapi setelah di coba pakai internet direct/modem bisa sukses. Boleh tau itu kenapa ya ? padahal semua firewall sudah di disable.

    BalasHapus
  7. kenapa uploader tidak berjalan status padahal sudah "siap approve" ketika klik manajemen upload dan klik start upload hanya loading dan sudah satu jam lebih masih loading, status internet lancar, bisa dijelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas/mbak.. saya juga sama seperti itu.. sejak di upgrade ( sudah 1 minggu lebih ) saya belum bisa upload faktur satu pun..


      kasus sama seperti yang mba/mas. Malah sudah saya klik Upload tapi status masih "belum Upload"

      Hapus
    2. saya juga mengalami hal yg sama, padahal internet lancar.

      Hapus
  8. mau tanya kenapa yah upload sekarang lebih susah loading nya lama sekali beda biasanya tidak begitu lama skrg hampir seminggu gini terus uploadernya ga jalan2 ada yg punya solusi ???

    Terimakasih

    BalasHapus
  9. sama di tempat saya juga setelah update release masuk management upload susah banget. untuk tgl 28-29 maret tetep ndak bisa masuk.bagaimana ini solusi nya DJP? kami jadi terhambat kerjaan nya. TGerimakasih

    BalasHapus
  10. iyaa lama sekalii setelah klik start uploader

    BalasHapus
  11. sampai kapan sih untuk bisa upload faktur pajaknya? apa lagi saya baru minta nsfp jg.

    BalasHapus
  12. Di Kantor saya juga mengalami hal yang sama,tidak bisa upload padahal kalo dilihat dari sisi koneksi internet baik baik saja.
    Saya Harap ada penyelesaian hari ini juga. mengingat kami bukan hanya membuat Faktur saja. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan info yang kami terima dari Kantor Pajak, Sistem DJP sedang down dan dalam masa Perbaikan. Semoga cepet beres ya :)

      Hapus
  13. ketika memperbaharui untuk memanggil semua data dan upload data sangat lama, padahal internet kencang. saya harap ada solusi untuk masalah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan info yang kami terima dari Kantor Pajak, Sistem DJP sedang down dan dalam masa Perbaikan. Semoga cepet beres ya :)

      Hapus
  14. dalam monitor upload di message keluar pesen ... fromIndex(4226) > toIndex(2070) .... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  15. Ketika saya upload faktur dan di log management upload sudah ada message approval kode sukses, tetapi saat saya akan stop uploader tersebut sangat susah sekali untuk di stop. kenapa bisa seperti itu yah?? mohon solusinya.

    BalasHapus
  16. Upload faktur lama sekali sdh berhari hari ga sukses gagal trrus pdhl printout efaktur ditunggu bgmn ini bukanya mempermudah malah jd ribet dan menghambat. Mohon ada solusinya

    BalasHapus
  17. selamat pagi rekan2,
    saya ingin bertanya seputar e-faktur..

    apakah memungkinkan saya melakukan upload faktur keluaran 1 bulan lebih cepat?

    Contoh kasus:
    saya ingin melakukan upload faktur keluaran untuk bulan juli pada bulan juni?
    dimana saya telah mendapatkan NSFP untuk 1 tahun..

    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  18. Dear Admin,

    Mau tanya donk, Faktur pajak sudah dalam status siap approve sejak tgl 4 Okt kemarin dan sampai sekarang belum diapprove sehingga tidak bisa dicetak pdf nya. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  19. Sudah seminggu ini, klien saya tidak bisa upload fakturnya ke server pajak. setiap menjalankan uploader, hanya loading saja, tidak muncul captcha-nya. Mohon solusinya. ini penting karena klien tidak dibayar jika tidak ada fakturnya. terima kasih.

    BalasHapus
  20. statusnya masih "siap approve" udah diupload berjam berjam, bahkan sidah coba jaringan inet lain, tetap saja nihil.... sy coba restart komputer, nihil... klik tombol "pernaharui" malah berubah status jadi "reject" .... mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon bantuannya email : moslemmuze@ymail.com terimakasih

      Hapus
  21. kenapa kok setelah upload, sudah nunggu lama tapi kok siap approve trus nya, pdhal koneksi juga normal.

    BalasHapus
  22. bagaimana jika status efaktur sudah siap approved tetapi proces lama untuk menjadi approved sukses?padahal internet tidak bermasalah

    BalasHapus
  23. bagaimana jika status efaktur sudah siap approved tetapi proces lama sampai berjam-jam untuk menjadi approved sukses?padahal internet tidak bermasalah

    BalasHapus
  24. mau tanya neh min..
    upload faktur pajak keluaran kok g bisa ya min n hanya muter2 aja loadingnya, padahal koneksi bagus n lancar baik menggunakan speedy atau wifi.id
    masalahnya dimana min, dan pengaturan firewallnya udah non aktif smua juga antivirusnya..
    nuwun..

    BalasHapus
  25. Apakah hari ini server efaktur ada gangguan karena berkali2 saya upload selalu jawabannya etax server tidak bisa diakses..tolong penjelasannya

    BalasHapus
  26. sy sudah 3 jam lebih menunggu Appropal.., padahal sebelumnya sudah beberapa kali dicoba Refres., bahkan sampai laptop di restar beberapa kali..
    Apakah ada kesengajaan..,knapa jd begitu sulit..,

    BalasHapus
  27. ini upload faktur pajak kok loadingnya lama sekali ya, udah 1 jam nunggu loading terus, koneksi internet ga ada gangguan kok, tapi kenapa lama...

    ada apakah ini.?
    tolong jawab ya min

    BalasHapus
  28. Mohon bantuannya..saya upload fpk tgl 27 september ternyata salah, yg benar 8 oktober..sdh saya bikin fpp nya sdh upload jg ternyata masa pajaknya tdk berubah ke masa oktober, pdhl wkt disimpan sdh saya ganti..apakan mmg tdk bisa maju bln fpp nya..bagaimana solusinya ya..terimakasih

    BalasHapus
  29. Mohon bantuannya..saya upload fpk tgl 27 september ternyata salah, yg benar 8 oktober..sdh saya bikin fpp nya sdh upload jg ternyata masa pajaknya tdk berubah ke masa oktober, pdhl wkt disimpan sdh saya ganti..apakan mmg tdk bisa maju bln fpp nya..bagaimana solusinya ya..terimakasih

    BalasHapus
  30. Mohon bantuannya..saya upload fpk tgl 27 september ternyata salah, yg benar 8 oktober..sdh saya bikin fpp nya sdh upload jg ternyata masa pajaknya tdk berubah ke masa oktober, pdhl wkt disimpan sdh saya ganti..apakan mmg tdk bisa maju bln fpp nya..bagaimana solusinya ya..terimakasih

    BalasHapus
  31. kenapa saya pas star upload csv di djp online ga gagal terus ya padahal csv nya bener

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih