Merubah Masa Pajak Faktur Pajak Masukan pada eFaktur

Banyak kasus yang saya temui, PKP salah mengkreditkan Pajak Masukan misalnya Faktur no 010.001.15.00000001 tanggal 20 Agustus 2015 yang diterima tanggal 1 September 2015,
PKP ingin mengkreditkan FPM tersebut ke masa 09 tapi lupa merubah masanya sehingga masuk ke masa 08 dan sudah diupload.

1.       Dalam hal pembatalan Pajak Masukan eFaktur, pembatalan faktur PM baru bisa dilakukan setelah PKP Penjual membatalkan faktur Pajak Keluarannya.
2.       Dalam hal pembatalan Pajak Masukan bukan eFaktur, silahkan hapus data faktur Pajak Masukan yang akan dibatalkan.


Jadi jika kita salah input Masa pengkreditan FPM dan ingin membatalkan FPM atau merubah masanya maka kita akan menghadapi masalah FPM tersebut tidak bisa diubah lagi ataupun dibatalkan dengan error ETAX-20038:faktur pajak batal ditemukan, ETAX-20027:faktur pajak tidak valid pembatalan faktur tdk ditemukan.

Bagaimana cara merubahnya? Berikut ini trik merubah pengkreditan Faktur Pajak Masukan :
Konsep awal trik ini adalah mengembalikan database ke Posisi sebelum anda input PM yang salah masa Pengkreditan.
Trik Merubah Masa Pengkreditan Pajak masukan adalah sebagai berikut
  1. Backup database Aplikasi Anda terlebih dahulu, copy database anda dan simpan di folder lain (buat jaga2 bila ada kesalahan anda bisa gunakan lagi)
    Saat Rename dan Copas folder, pastikan aplikasi eFaktur tidak sedang dijalankan

    image
  2. Rename folder db (misalnya : menjadi db_awal)
  3. Buka Folder Backup, didalamnya terdapat backup database yang terbentuk oleh system yang terkompres dalam bentuk zip . Anda juga bisa menggunakan backup anda sendiri jika ada
    image
  4. Pilih salah satu backup , misal yang tanggal 15/9/2015. Silahkan  Extract, sehingga terbentuk folder db, lalu pindahkan folder db tersebut ke Folder Aplikasi eFaktur Anda
    sehingga ada folder :
    db (database per tanggal 15/9/2015 dimana PM belum anda masukkan) dan
    - db_awal
    (database terbaru anda dengan PM yang salah masa)

    image
  5. Jalankan Aplikasi eFaktur Maka , Aplikasi akan membaca database (db) per tanggal 15/9/2015 dimana PM belum anda input. 
  6. Silahkan input PM tersebut ke masa 09 lalu upload ulang
  7. Masalah salah pengkreditan PM Selesai dan Selanjutnya anda tetap menggunkan db hasil backup tsb menjadi database utama

Masalah selanjutnya adalah bila pada db per tanggal 15/9/2015 Faktur baru yang anda input setelahnya belum masuk??
Caranya , anda bisa mengexpor Semua data PK, PM, Retur dan sebagainya dari database awal, anda bisa expor perbulan atau langsung seluruhnya, kemudian impor ke database baru tersebut.
  1. Close Aplikasi eFaktur
  2. Rename Folder db menjadi db_baru dan db_awal menjadi db, ini dilakuikan untuk membaca databse awal menjadi database utama)
  3. Jalankan Aplikasi eFaktur
  4. Expor data PK, PM, Retur dan sebagainya,  anda bisa expor perbulan atau langsung seluruhnya
  5. Setelah diexpor, Close Aplikasi eFaktur
  6. Rename folder db menjadi db_awal dan folder db_baru menjadi db
  7. Impor data Expor sebelumnya, tidak masalah anda impor semuanya, karena hanya data yang belum ada di database baru yang akan masuk sehingga data tidak akan double
Semoga berhasil
Advertisement

56 Responses to "Merubah Masa Pajak Faktur Pajak Masukan pada eFaktur"

  1. Nampaknya program e-Faktur ini dibuat hanya untuk mempermudah DJP bukan untuk mempermudah WP. Semenjak diluncurkannya e-faktur ini masalah terus muncul di tempat kami seperti: NPWP lawan transaksi tidak valid, Retur Pajak keluaran tidak bisa diupload, Tidak bisa cetak rincian file PDF lampiran A2, dll. Telpon ke kring pajak pun susah masuk. Kalo salah lapor WP dikenakan sanksi STP, Padahal kesalahan yang terjadi bukan sepenuhnya kesalahan kami. Contohnya NPWP lawan transaksi yang invalid itu bukan kesalahan kami, karena kami menerima data dari lawan transaksi kami yang selama ini tidak pernah ada masalah pada pelaporan SPT sebelumnya. Begitu juga dengan Retur Pajak Keluaran, kalau lawan transaksi belum mengupload kami tidak bisa melaporkan Retur tersebut.

    BalasHapus
  2. seharusnya program ini dicoba dulu ke perushn pemerintah ato perusahaan yg ditunjuk ini dah pasti ada kepentingan lain dari pemaksaan penggunaan efaktur ini (proyek IT), ibarat buat mobil baru jadi 50% konsumen dah suruh pakai tar kalo gak bisa belok baru dikasih stir, tar gak bisa stop baru kasih rem, kok enak aja DJP gak mau mikir

    BalasHapus
  3. halo mba, mau tanya saya juga salah input masa faktur pajak. tanggal faktur tgl 30 Sept 2015, ketika sudah selesai lapor semua SPT bulan Oktober 2015, saya baru sadar bahwa faktur tgl 30 Sept 2015 tsb saya masukkan ke masa lapor bulan Sept (dimana bulan Sept juga sudah selesai laporannya).

    saya coba ikuti saran mba untuk ganti folder db, namun ternyata seri aplikasi berbeda dengan seri db. saya agak bingung dengan ETaxInvoiceUpd, di tempat saya file tersebut merupakan type XML Configuration File, mau diletakkan di root directory, itu maksudnya bagaimana ya mba?

    BalasHapus
  4. Mba saya mau tanya kalau saya mau merubah NSFP karena kesalahan input NSFP gmna ya mb caranya?
    Soalny saya salah input NSFP ke lawan transaksi sedangkan laporan pajakny sudah selesai lapor.
    Kalau sebelum pakai e-Faktur ini khn saya hanya tinggal bikin surat pemberitahuan ke lawan transaksi bahwa ada kesalahan pemberian NSFP dan mencetak faktur pajak yg benar/sudah revisi kalau sistem e-Faktur ini bagaimana ya?
    Mohin bantuan dan penjelasannya,terima kasih.

    BalasHapus
  5. Terima kasih admin sangat membantu!

    BalasHapus
  6. Ketika diganti db nya sama yg db di folder back up malah pas buka aplikasi disuruh masukin dari awal lg dan muncul sdh teregristrasi...mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, saya juga sama. apa mungkin beda versi atau bagaimana?

      Hapus
  7. Ilmunya keren. Sangat bermanfaat. Terimakasih :)

    BalasHapus
  8. Banyak berkah dan rejeki yah buat ibu bapak... infonya sangat membantu sekali buat mengatasi masalah sering eror upload. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Apakah trik tersebut masih bisa digunakan saat ini?? (efaktur versi 1.0.0.431)

    BalasHapus
  10. saya ada kendala masalah import nya, bagaimana ya?

    BalasHapus
  11. ga bisa pakai trik ini, kalau sudah diupload berarti data faktur sudah ada di kantor pajak, ga bisa diubah lagi

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. mba, mau tanya e-faktur pajak keluaran yang sebelumnya kami sudah upload nama lawan transaksi salah, jadi kami mau ganti nama lawan transaksi sebelumnya menjadi faktur pajak pengganti itu gimana caranya ya? mohon dibantu thanx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca http://www.efakturpajak.com/2015/09/ubah-npwpnama-dan-alamat-lawan.html

      Hapus
  14. Pak/Bu, Casenya trik ini sama seperti yg lain, setelah copas back up db, aplikasi tidak bisa dibuka (error).
    Tanggapan / komen diatas dari efaktur tgl 11 April 2016 bahwa Trik ini sudah Tidak bisa dipakai lagi.
    Lalu ada Solusi lain untuk masalah ini Pak/Bu?
    Mohon bantuan & pencerahannya

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Saya ada kasus hampir sama, tapi retur pajak masukkan salah masukkan periode, harusnya Juli, tapi masuk ke Juni. Bagaimana ya ? saya udah coba trik di atas, tapi waktu mau upload ulang, langsung kena REJECT. Ada yang bisa kasih penjelasan ?

    BalasHapus
  17. Informasinya membantu sekali, saya sudah mencoba dan berhasil. terima kasih atas postingannya. sangat bermanfaat.
    Sedikit kritik, penjelasannya sedikit sekali kalau bisa lebih rinci akan lebih mempermudah pelaksanaannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Expor data PK, PM, Retur dan sebagainya, anda bisa expor perbulan atau langsung seluruhnya, ( INI DI SIMPAN DI FOLDER MANA YA PAK? soalnya penjelasanya tidak jelas

      Hapus
  18. Mau nanya dong. Saya baru dapat FPM yang ternyata tertanggal bulan April dan Mei 2016. Itu berarti saya harus pembetulan kan ya? Utk membuat spt pembetulan kan tinggal klik posting, klik bulan Mei pembetulan 1, cek jumlah dok pkpm, lalu posting. Nah, untuk input PM yang baru saya dapat tadi, gimana? Apakah langsung saja input seperti normal? Lalu setelah saya upload, apakah itu akan langsung tercatat di spt mei pembetulan 1? Saya berulangkali nyari tutorial pembetulan espt, semuanya memuat tentang pembatalan FP atau FP pengganti, tidak ada yang memuat tentang input PM seperti kasus saya ini. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk pembetulan dibawah juni 2016 harusnya pakai ppn 1111 bkn efaktur , efaktur efektif perjuli 2016

      Hapus
  19. mba saya mau nanya, saya salah upload pajak masukan agustus ke masa september tapi belum saya posting.itu akan jadi masalah gk kalau saya upload ulang di efaktur (copy an sebelum pajak masukkan itu di upload )?

    BalasHapus
  20. Mba mau tanya, saya ingin membuat faktur pajak pengganti atas fp keluaran saya karna ingin merubah tanggal fp. apakah benar diharuskan merubah qty atau nominal fp? jadi tidak bisa jika hanya merubah tanggal saja? terima kasih

    BalasHapus
  21. Sangat membantu, sudah saya coba dan berhasil.. terima kasih ilmunya

    BalasHapus
  22. mohon bantuannya dong...bagaimana cara mengganti masa pajak PM??makasih

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. saya kemarin uda coba trik ini,, bisa,, tapi ada beberapa fp k yg hilang,, jadi saya input lagi,,,, trus waktu saya mau upload FP K yang baru , knp ada yang di reject? ket: nsfp sudah pernah di upload, pdhal yang lain tidak ,, ada beberapa saya yg di reject,, knpa ya ???

    BalasHapus
  25. Sangat membantu,, saya berhasil menggunakan cara diatas,,terimakasih banyak

    BalasHapus
  26. Sangat membantu,, saya berhasil menggunakan cara diatas,,terimakasih banyak

    BalasHapus
  27. maaf mau nanya kalau misalkan mau input nota retur yang sudah bulan lampau (bulan mei) apakah bisa di ubah jadi ke masa pajak bulan juni atau juli> terima kasih

    BalasHapus
  28. sangat membantu sekali triknya terima kasih

    BalasHapus
  29. selamat siank,,,
    saya sudah terlanjur upload faktur pajak masukan. ternyata setelah uploead, saya mengalami kesalahan yaitu faktur masukan tersebut saya input tidak dapat dikreditkan, padahal seharusmya faktur tersebut dapat dikreditkan. bagaimana solusi merubah dari yg tdk dapat dikreditkan menjadi dapat dikreditkan. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  30. selamat siang ,
    saya ada kesalahan tanggal pembuatan nota retur dan sudah di upload di e faktur,bagaimana cara menggantinya??? apakah bisa ???

    BalasHapus
  31. yaah....klo backupnya (*.zip) gak ada mah sama aja boong, stuck klo gini mah

    BalasHapus
  32. makasih banyak Pak tips nya.

    lancar jaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KOK SAYA GA BERHASIL, KARENA ADA LEBIH DARI SATU DATA BASE

      Hapus
  33. terimkasih sangat membantu

    BalasHapus
  34. mau tanya ni gan,, cara menghapus transaksi normal pengganti gmana yang gan? tolong pencerahannya,,trims

    BalasHapus
  35. Thanks Gan. Sangat Bermanfaat.

    BalasHapus
  36. Saya mau menanyakan semisal saya sudah upload e-spt bln 12, sedangkan saya mau ada pembetulan dibilang tersebut, dan saya input faktur masukan yang mau saya tambahkan. Oleh karena saya terburu-buru saya upload dan setelah itu saya posting di SPT masa tersebut dan di beri peringatan FAKTu tersebut sudah ada, dan saya lupa tidak mencetang atau mengganti faktur pembelian tersebut. Dan akhirnya saya hapus e-spt massa 12 yang sudah ada dan mengganti dengan yang baru. Dan dilaporannya saya sepeti membuat SPT massa tanpa pembetulan , padahal saya niat mau membetulkan malah salah kaprah gitu. Mohon bantuannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  37. Saya mau menanyakan semisal saya sudah upload e-spt bln 12, sedangkan saya mau ada pembetulan dibulan tersebut, dan saya input faktur masukan yang mau saya tambahkan. Oleh karena saya terburu-buru saya upload dan setelah itu saya posting di SPT massa tersebut dan di beri peringatan FAKTu tersebut sudah ada, dan saya lupa tidak mencetang atau mengganti pembetulan tersebut. Dan akhirnya saya hapus e-spt massa 12 yang sudah ada dan mengganti dengan yang baru. Dan dilaporannya saya upload seperti membuat SPT massa tanpa pembetulan , padahal saya niat mau membetulkan malah salah kaprah gitu. Mohon bantuannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  38. Dear admin,, mohon solusi jika faktur pajak masukkan sudah (approvel sukses) di masa 4 sedangkan saya ingin sebagian faktur pajak masuk di bulan 5 bagaimana yah ??
    terima kasih

    BalasHapus
  39. thanks sangat membantu infonya..

    BalasHapus
  40. Dear admin, mohon solusi nya, saya ada salah penginputan tanggal dan bulan Faktur pajak yang dimana mendahului tanggal pemberian nomor seri Faktur Pajak, Apakah bisa diganti dengan Faktur Pajak pengganti karena sudah dilapor meningat kejadiannya di tahun 2013, 2014 dan 2015? dan apakah ada sanksi denda dimana kejadiannya di tahun tersebut, terima kasih

    BalasHapus
  41. Terima masih infonya.
    Sangat membantu.👍👍

    BalasHapus
  42. dear admin, saya mau tanya saya ada kesalahan input masa fpm misal. fpm tertanggal 31-05 dikreditkan semestinya bulan juni tapi malah bulan mei sesuai dgn tgl fpm dan saya sudah lakukan step-step diatas tapi pada saat upload tidak bisa karena fpm yg salah itu sudah dikreditkan pada masa mei..mohon solusinya..terima kasih

    BalasHapus
  43. sya sudah coba dan berhasil, saya isi PM dari awal....tapi permasalahan baru muncul...saat selesai upload muncul error bahwa ini sudah pernah dikreditkan....bagaimana penyeleseaiannya ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak saya mau tanya, jadi bapak yg ini bagaimana solusinya pak, saya juga mengalami hal yang sama

      Hapus
    2. Saya juga 😂😂
      Waktu upload di reject

      Hapus
  44. Selamat sore,
    Mohon bantuannya saya telah menginput pajak masukan tapi setelah di upload saya baru engeh kalo masa yang saya masukan salah, harusnya bln 1 ini malah bulan 2, gmna cara merubah masanya ? Kira2 kalau minta faktur pengganti bisa atau tidak? Saya tunggu jawaban baik nya. Terima Kasih

    BalasHapus
  45. SIANG MBAK, MBAK MAU TANYA NICH. KEMARIN AK SALAH KASIH MASUK MASA PAJAK WAKTU MAU BUAT SPT. TRUS AK UDAH RUBAH SESUAI PETUNJUK MBAK DIATAS DAN BERHASIL, HANYA WAKTU MANAGER UPLOAD KOK FAKTUR PAJAK MASUKAN KU DI REJECT Y KATANYA WARNING NYA UDAH PERNAH DI LAPORKAN KATANYA. GIMANA TU?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba saya mau tanya, jadi mba yg ini bagaimana solusinya mba, saya juga mengalami hal yang sama

      Hapus
    2. mohon penjelasan nya mba

      Hapus
  46. mohon penjlasannya, saya sudah lakukan langkah langkah diatas tapi saat saya masukkan lagi fakturnya reject dan muncul ket sudah dikreditkan itu bagaimana ya mba? mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
  47. mohon penjlasannya, saya sudah lakukan langkah langkah diatas tapi saat saya masukkan lagi fakturnya reject dan muncul ket sudah dikreditkan itu bagaimana ya mba? mohon bantuannya terimakasih

    Balas

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih