Solusi Error : ETAX-20028Jumlah Dpp, Ppn, PPnBm Objek Faktur tidak sama dengan nilai FakturNilai Jumlah DPP, PPN dan PPnBM

Upload DPP Error

 

Error ETAX-20028 : Jumlah Dpp, Ppn, PPnBm Objek Faktur tidak sama dengan nilai FakturNilai Jumlah DPP, PPN dan PPnBM pada baris FK tidak sama dengan total nilai DPP, PPN dan PPnBM biasa terjadi saat anda mengimpor Pajak Keluaran. Kasus ini terjadi saat Jumlah DPP dan PPN pada Objek Faktur dengan Angka Pecahan (desimal) sedangkan Jumlah DPP dan PPN Pada Baris FK (Faktur Keluaran) dibulatkan dalam Rupiah Penuh

 

Penyebab Error ETAX-20028

Kolom Jumlah DPP/Jumlah PPN/Jumlah PPnBM baris FK nilainya harus sama dengan total nilai DPP/PPN/PPnBM pada baris OF Impor Pajak Keluaran

 

Solusi Error ETAX-20028

Pastikan Format Impor PK telah memenuhi kriteria berikut :

- Harga Total (Harga Barang/Jasa x Jumlah Barang) Untuk harga total bernilai pecahan/desimal,  tidak dibulatkan

- Nilai dari DPP,PPN,TARIF_PPNBM,PPNBM jika  bernilai pecahan/desimal, tidak dibulatkan.

- Jumlah DPP dan PPN Pada Baris FK adalah Jumlah DPP dan PPN pada baris OF dan dibulatkan ke bawah (dalam Ms Excel menggunkan fungsi ROUNDOWN)

  Contoh : Bila PPN OF1 = 10,2 dan OF2 = 10,7 maka jumlah PPN di Baris FK adalah 20

Advertisement

15 Responses to "Solusi Error : ETAX-20028Jumlah Dpp, Ppn, PPnBm Objek Faktur tidak sama dengan nilai FakturNilai Jumlah DPP, PPN dan PPnBM"

  1. Pagi Pak,

    Saya ada kendala dengan kode Error ETAX 20028 dan kebetulan mendapatkan solusi di postingan ini.

    Masalah berikutnya ternyata masih ada kode Errorr EXTAX 20028 tetapi setelah di telusuri kalau di buka file csv nya di hitung manual ke excel total sudah sama semua baik yg di FK maupun yang OF.

    Yang saya mau tanyakan bagaimana cara perbaikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pembulatannya kurang pas, coba hitung sekali lagi dan jangan lupa bulatkan ke bawah

      Hapus
  2. Pagi Pak,

    Saya mau menanyakan untuk Harga jual yang dicantumkan di eFaktur, apakah boleh harga include PPN ??

    Terima kasih sebelumnya
    Tri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Pak, Anda bisa menginputnya lebih dahulu di Referensi Barang dan Jasa

      Hapus
    2. Salam Pak,

      Melanjuti pertanyaan apakah harga jual boleh include PPN atau tidak, apakah ada peraturan yang mendukung ? karena ada yang mengatakan efaktur demikian termasuk cacat/tidak lengkap karena pengisiannya tidak benar. Defaultnya di efaktur, harga jual sama dengan harga dpp ?

      Terima kasih sebelumnya.
      Tri

      Hapus
    3. Maaf saya kuarng paham masalah ini, Setahu saya juga di eFaktur, harga jual = dpp. Sedangkan yang saya maksud sebelumnya yang bisa include PPN adalah saat anda pertamakali input referensi barang di efaktur

      Hapus
    4. Dear Bp. Adi,

      Thanks anyway. Kalau ada info lagi tolong dikabari ok.

      B'regards,
      Tri

      Hapus
  3. permisi
    saya mau tanya
    saya buat faktur,barangnya banyak (11 barang),dpp nya harusnya 4.545.455 tapi kok 5.000.000 sesuai jumlah harga semua barang
    cara gantinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah diapprove anda dapat merubahnya dengan menggunkan FP Pengganti

      Hapus
  4. siang semuanya bagaimana cara menjumlahkan dpp secara otomatis pada masa pajak yang sama pada efaktur...?

    BalasHapus
  5. Maaf pak saya mau tanya, saya mau import faktur pajak keluaran yang saya dapat dari KPP karena sebelumnya data saya hilang akibat komputer yang rusak ,tetapi import datanya tidak semua berhasil ada yang gagal dengan keterangan error etax 20028, bagaimana caranya agar data pajak keluaran bisa berhasil semua? terima kasih

    BalasHapus
  6. Akhirnya ketemu solusinya, terima kasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  7. Maaf mau tanya .bagaimana cara penulisan dua angka dibelakang koma pada pembuatan efaktur.

    BalasHapus
  8. saya mau tanya utk harga satuannya decimalnya 4 dan harga totalnya jadi nya decimalnya banyak, jadi klw saya pakai decimal jadi 4 selalu nya jumlah dpp dan ppn nya passti kena error ini. meskipun saya sudah rountdown, saya musti pakai decimal berapa ya. supaya tidak error kaya gini.

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih